UNG Ketambahan Doktor Lulusan Luar Negeri

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Februari 2016 . 08:33:00

 

GORONTALO – Diawal tahun 2016 Universitas Negeri Gorontalo terus memperkuat kualitas barisan tenaga pendidik di lingkungannya, dengan bertambahnya satu lagi tenaga pendidik yang berhasil merengkuh gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) yang merupakan gelar Doktoral dari pendidikan luar negeri. Dialah Drs. Usman Samatowa, M.Pd, Ph.D, yang pada 3 Februari 2016 telah resmi menyandang gelar S3.

Selama menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia, Usman fokus dalam memperdalam pengetahuannya dibidang pendidikan biologi, dengan judul disertasi tentang Inovasi menggunakan Herbarium dalam pembelajaran IPA.

“Penerapan disertasi yang saya lakukan lebih fokus pada inovasi pembelajaran khususnya pada pelajaran IPA,” ungkap Usman.

Menurut Usman, melanjutkan studi ke luar negeri khususnya merupakan pengalaman yang menurutnya sangat berharga. Selain bisa menempuh pendidikan dibawah bimbingan para ahli dari Universitas terkemuka di Malaysia, Ia juga bisa saling sharing pemikiran terkait banyak hal dengan mahasiswa lainnya yang sebagian besar merupakan tenaga pendidik dari Perguruan Tinggi lain di luar negeri.

Usai kembali aktif sebagai tenaga pendidik di Kampus Merah Maron, Usman memiliki keinginan untuk dapat menerapkan inovasi pembelajaran yang ia dapatkan selama menempuh studi di luar negeri, tidak hanya kepada mahasiswa namun juga kepada dosen lainnya.

“Insya allah apa yang telah saya dapatkan selama menempuh pendidikan doktoral dapat bermanfaat untuk orang lain. Saya berkeinginan untuk terus mengembangkan inovasi pembelajaran tersebut melalui salah satu implementasi tri dharma perguruan tinggi dibidang penelitian,” terang Usman. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61