UNG Ikut Lestarikan Tradisi Walimah

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 November 2019 . 11:56:03

 

GORONTALO – Sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan yang tertuang dalam visi UNG 2035, Universitas Negeri Gorontalo turut serta melestarikan tradisi masyarakat Gorontalo. Tradisi masyarakat Gorontalo yang dilakukan yakni dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW berupa tradisi walimah.

Dalam tradisi walimah kali ini, seluruh warga kampus ikut serta menyermarakan dengan menyumbangkan tolangga berjumlah 19 buah dengan beragam isian, mulai dari bahan sembako hingga makanan berupa kue tradisional seperti kolombengi.

Perayaan tradisi walimah yang melibatkan warga kampus mulai dari unsur pimpinan, Dosen, Tenaga Kependidikan dan mahasiswa serta Panti Asuhan dan Pondok Pesantren berlangsung semarak. Bahkan tradisi “baku rampas” walimah juga terjadi dalam perayaan maulid kali ini, Rektor Dr. Eduart Wolok, ST,MT dan para pejabat bahkan tidak malu untuk saling sikut-sikutan berebut kue dan sembako yang disediakan.

Menurut Rektor perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirangkaikan dengan tradisi walimah, merupakan sebuah tradisi yang telah dilakukan masyarakat Gorontalo sejak lama. Sudah seharusnya sebagai bagian dari masyarakat Gorontalo harus bertanggung jawab, untuk ikut melestarikan adat dan tradisi masyarakat Gorontalo yang berslogan adat bersendikan syara, syara bersendikan kitabullah.

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61