UNG Gencar Sosialisasikan Seleksi Masuk PTN Tahun 2017

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 27 Januari 2017 . 11:17:08

GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) panitia lokal penyelenggara, seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Prov. Gorontalo mulai gencar melakukan sosialisasi. Sosialisasi masuk PTN yang dilakukan berupa jalur seleksi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017, Kamis (26/1), di Ballroom TC Damhil UNG.

Ketua Panitia Sosialisasi Firdaus Zakaria, S.Pd, M.Pd, mengungkapkan, kegiatan sosialisasi turut menghadirkan langsung para Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta Madrasah Aliyah Se Prov. Gorontalo baik itu Negeri maupun Swasta, yang berjumlah 157 Sekolah. Ini karena pihak sekolah berperan penting dalam pendaftaran siswa melalui jalur SNMPTN.

"Keterlibatan langsung sekolah sangat penting karena, tanpa adanya rekomendasi dari pihak sekolah dapat dipastikan bahwa siswa tidak dapat ikut SNMPTN tahun 2017. Karena hanya siswa yang terdaftar pada PDSS, yang bisa ikut melalui jalur tersebut, sesuai Kuota Akreditasi sekolah," ungkap Firdaus.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNG Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, M.Pd, menuturkan, pada prinsipnya untuk pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tahun 2017 tidak mengalami perbedaan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dan perubahan hanya terjadi pada hal teknis saja.

Misalnya untuk kuota daya tampung mahasiswa baru setiap PTN pada tahun lalu SNMPTN diberi alokasi daya tampung sebanyak 30 persen dari total kuota mahasiswa baru, SBMPTN sebanyak 40 persen dan seleksi Mandiri sebanyak 30 persen, maka untuk tahun ini terjadi perubahan.

"Untuk tahun 2017 kuota daya tampung SNMPTN sebanyak 30 persen, SBMPTN sebanyak 30 persen dan Seleksi mandiri juga 30 persen. Sedangkan sisa daya tampung 10 persen dari total mahasiswa baru dapat dialokasikan diantara 3 jalur pendaftaran seusai kebijakan Perguruan Tinggi," ujarnya.

Sementara itu, perubahan kata Prof. Mahludin juga terjadi pada Akreditasi sekolah calon mahasiswa baru. Dimana Akreditasi tersebut akan sangat menentukan berapa jumlah siswa yang dapat direkomendasikan untuk pada jalur SNMPTN.

"Untuk sekolah menengah terakreditasi A diberikan bobot 50 persen bagi siswanya yang berprestasi. Akreditasi B diberikan bobot 30 persen, dan Akreditasi C sebanyak 10 persen. Sedangkan untuk Akreditasi lainnya hanya memperoleh bobot 5 persen untuk siswa terbaik di Sekolahnya," jelasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0