UNG Diseminasikan 245 Hasil Penelitian dan Pengabdian Dosen

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 25 Desember 2016 . 09:02:00

 

GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melakukan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh Dosen, Jumat (23/12). Kegiatan yang dipusatkan di Ballroom TC Damhil UNG, mendiseminasikan sebanyak 254 hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan selama selang tahun 2016.

Ketua LPPM UNG Prof. Dr. Fenty Puluhulawa, M.Hum mengungkapkan, diseminasi 254 hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan kali ini, terdiri atas 106 penelitian yang dilakukan Dosen, 42 hasil pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, serta KKS Pengabdian sebanyak 97 judul.

"Meningkatnya jumlah Diseminasi ini merupakan prestasi dari Dosen UNG, yang terus gencar melakukan Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," ungkap Prof. Fenty.

Meningkatnya jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat yang diseminasikan, diharapkan terus mengalami peningkatan ditahun mendatang. Akan tetapi upaya tersebut tentunya tidak gampang, karena diawal tahun 2017 nanti akan menghadapi paradigma riset baru yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Jika saat ini penelitian masih berbasis pada proses, maka ditahun mendatang dengan berbasis pada paradigma riset baru akan berbasis pada luaran," jelas Prof. Fenty.

 

 

Sementara itu, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, turut memuji baiknya kualitas dan kuantitas diseminasi penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen UNG selama tahun 2016. Menurutnya karya riset Dosen merupakan sebuah aset penting bagi sebuah institusi pendidikan,

"Institusi pendidikan memang harus menghasilkan karya intelektual. Dan hal tersebut dapat menjadi aset berharga Perguruan Tinggi dimasa mendatang," ujar Rektor.

Dengan akan diberlakukannya paradigma riset yang baru, akan membuat tantangan riset kedepan akan cukup sulit. Salah satu cara untuk menghadapinya kata Rektor, dengan terus mengupgrade kualitas individu setiap Dosen terutama dari segi keinginan dan motivasi dalam melakukan riset. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0