UNG Diseminasikan 245 Hasil Penelitian dan Pengabdian Dosen

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 25 Desember 2016 . 09:02:00

 

GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melakukan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh Dosen, Jumat (23/12). Kegiatan yang dipusatkan di Ballroom TC Damhil UNG, mendiseminasikan sebanyak 254 hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan selama selang tahun 2016.

Ketua LPPM UNG Prof. Dr. Fenty Puluhulawa, M.Hum mengungkapkan, diseminasi 254 hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan kali ini, terdiri atas 106 penelitian yang dilakukan Dosen, 42 hasil pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, serta KKS Pengabdian sebanyak 97 judul.

"Meningkatnya jumlah Diseminasi ini merupakan prestasi dari Dosen UNG, yang terus gencar melakukan Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," ungkap Prof. Fenty.

Meningkatnya jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat yang diseminasikan, diharapkan terus mengalami peningkatan ditahun mendatang. Akan tetapi upaya tersebut tentunya tidak gampang, karena diawal tahun 2017 nanti akan menghadapi paradigma riset baru yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Jika saat ini penelitian masih berbasis pada proses, maka ditahun mendatang dengan berbasis pada paradigma riset baru akan berbasis pada luaran," jelas Prof. Fenty.

 

 

Sementara itu, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, turut memuji baiknya kualitas dan kuantitas diseminasi penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen UNG selama tahun 2016. Menurutnya karya riset Dosen merupakan sebuah aset penting bagi sebuah institusi pendidikan,

"Institusi pendidikan memang harus menghasilkan karya intelektual. Dan hal tersebut dapat menjadi aset berharga Perguruan Tinggi dimasa mendatang," ujar Rektor.

Dengan akan diberlakukannya paradigma riset yang baru, akan membuat tantangan riset kedepan akan cukup sulit. Salah satu cara untuk menghadapinya kata Rektor, dengan terus mengupgrade kualitas individu setiap Dosen terutama dari segi keinginan dan motivasi dalam melakukan riset. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61