UNG Bersama Mahkamah Konstitusi Helat Kegiatan Kemah Konstitusi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 Oktober 2017 . 11:01:00

Jadi Wadah Tanamkan Pemahaman Konstitusi Sejak Dini

 

 

GORONTALO - Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar kegiatan berskala regional yakni kegiatan Kemah Konstitusi. Kegiatan yang akan dipusatkan di Pentadio Resort tersebut, secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Fence Wantu, SH,MH, Senin (2/10),.

Kemah konstitusi yang dilaksanakan selama 4 hari mendatang, melibatkan 59 peserta yang merupakan perwakilan 15 Sekolah di wilayah Sulawesi. "Melalui wadah kegiatan kemah konstitusi, para siswa akan dididik dan diberikan pemahaman akan hak konstitusi sebagai warga negara Indonesia," ungkap Ketua Panitia Hamid Tome, SH, MH,.

Ketua MK melalui Panitera Muda Mahkamah Konstitusi Muhidin, SH, MH, menuturkan, agenda kemah konstitusi yang dilaksanakan di UNG merupakan bagian implementasi kerjasama dengan MK, dalam upaya menyiarkan hal-hal berkaitan dengan konstitusi warga negara.

"MK sangat berbangga memiliki mitra kerja strategis seperti UNG, yang benar-benar penuh kesungguhan bekerjasama dengan MK," ungkapnya.

Sementara itu menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNG Dr. Fence, dipilihnya Fakultas Hukum UNG sebagai pelaksana kemah konstitusi menjadi kebanggaan tersendiri bagi UNG. Dr. Fence mengharapkan melalui kegiatan ini, generasi muda khususnya siswa peserta dapat memahami hak konstitusinya sebagai warga negara yang baik.

"Pemahaman akan konstitusi sudah seharusnya dapat ditanamkan sejak dini kepada masyarakat. Sehingga masyarakat sebagai warga negara dapat taat dan patuh dengan konstitusi yang berlaku di Indonesia," pungkas Dr. Fence.

Pembukaan kemah konstitusi kali ini, turut dirangkaian dengan Seminar Nasional menakar urgensi penguatan kewenangan mahkamah konstitusi dalam hal Constitusional complaint sebagai pelaksanaan fungsi perlindungan hak-hak konstitusional warga negara. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61