UNG Bakal Bangun Perpustakaan Berkonsep Mall

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 Oktober 2015 . 08:22:15

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd menyerahkan secara simbolis SMART Card Library kepada sejumlah perwakilan Perguruan Tinggi (PT) se Prov. Gorontalo, Sabtu (17/10). SMART Card Library merupakan inovasi UNG dalam mempermudah akses ke sejumlah perpustakaan PT di Gorontalo yang menjalin kerjasama dengan UNG. (Foto:Humas/Ismet/Rachmad)

GORONTALO – Dalam menarik minat masyarakat serta mahasiwa dalam menjadikan perpustakaan sebagai sarana yang menarik dan nyaman, Universitas Negeri Gorontalo akan mengembangkan Perpustakaan mahasiswa yang representatif dengan mengusung konsep pengelolaan seperi Pusat Perbelanjaan atau Mall. Hal tersebut dikemukakan Rektor UNG Prof. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat membuka kegiatan Seminar Nasional Perpustakaan, Sabtu (17/10).

“Desain perpustakaan saat ini jangan lagi hanya berbicara tentang buku saja, namun juga segala fasilitas penunjang yang menarik minat serta membuat masyarakat untuk datang ke Perpustrakaan,” ungkap Rektor.

Dengan mengusung konsep seperti Mall, perpustakaan kedepan dapat dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti pusat perbelanjaan, café, restoran serta fasilitas untuk refreshing. Menurut Rektor, moderenisasi konsep perpustakaan sudah seharusnya dilakukan oleh perguruan tinggi. Karena saat ini image Perpustakaan dikalangan masyarakat terutama mahasiswa adalah tempat yang kurang menarik untuk dikunjungi.

Untuk itu dalam menarik minat masyarakat dibutuhkan kreasi serta inovasi dari pengembangan perpustakaan itu sendiri. “Perpustakaan harus menjadi salah satu tempat favorit mahasiswa, untuk itu harus disediakan berbagai fasilitas yang membuat mereka nyaman dan betah untuk berlama-lama di Perpustakaan,” terangnya.

Selain itu, pengembangan Perpustakaan kata Rektor juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM pengelola dari perpustakaan, karena dengan komposisi baiknya fasilitas dan didukung SDM yang baik tentunya Perpustakaan akan semakin baik lagi.

“Insya Allah keinginan tersebut akan direalisasikan seiring dengan pembangunan kampus baru di Kab. Bone Bolango,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61