UNG Akan Terlibat Dalam Program PPL Internasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 April 2018 . 10:27:00

 

GORONTALO – Geliat program internasionalisasi dalam pengembangan kualitas pendidikan dan pembelajaran terus dilakukan Universitas Negeri Gorontalo dalam meningkatkan daya saing lulusan. Salah satu upaya tersebut melalui keterlibatan UNG dalam program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional, melalui kerjasama dengan organisasi pendidikan di Asia Tengghara yakni South East Asian Minister of Education Organization (SEAMEO).

“Untuk tahun 2018 UNG secara resmi akan ikut serta dalam program Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) yang digagas oleh Organisasi SEAMEO,” ungkap Wakil Rektor IV UNG Prof. Dr. Hasanuddin Fatsah, M.Hum, usai menghadiri pertemuan 5th Evaluation Meeting Pre Service Student Teacher Exchange in South East Asia – SEA Teacher Project, Selasa (3/4),.

Pada program ini nantinya kata Prof. Hasanuddin, mahasiswa akan difasilitasi PPL di luar negeri, baik dalam bentuk pertukaran mahasiswa antar universitas maupun penugasan di sekolah Indonesia maupun di luar negeri.

“PPL bersama antar Perguruan Tinggi nantinya akan menempatkan mahasiswa untuk praktek mengajar diberbagai Sekolah diwilayah Asia Tenggara. Diharapkan melalui program ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa UNG sebagai tenaga pengajar profesional,” ujarnya.

Ditahun pertama keikut sertaan program, UNG akan mengirimkan 2 mahasiswa untuk terlibat dalam Program PPL Internasional. Proses seleksinya akan dilakukan secara ketat melalui dua tahapan seleksi baik itu seleksi internal dan seleksi eksternal oleh pihak SEAMEO.

“Mahasiswa yang mengikuti program PPL Internasional akan memperoleh sertifikat yang diakui dari organisasi SEAMEO, yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam mengajar pada sekolah dibeberapa negara Asia Tenggara,” terang Prof. Hasanuddin.

Program PPL Internasional atau Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) sejumlah Perguruan Tinggi beberapa negara yakni Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura serta beberapa Negara lain. Untuk Program Studi yang diprioritaskan dalam program ini meliputi bidang Sosial, Bahasa, Matematika dan IPA, Olahraga dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61