UNG Akan Terlibat Dalam Program PPL Internasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 April 2018 . 10:27:00

 

GORONTALO – Geliat program internasionalisasi dalam pengembangan kualitas pendidikan dan pembelajaran terus dilakukan Universitas Negeri Gorontalo dalam meningkatkan daya saing lulusan. Salah satu upaya tersebut melalui keterlibatan UNG dalam program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional, melalui kerjasama dengan organisasi pendidikan di Asia Tengghara yakni South East Asian Minister of Education Organization (SEAMEO).

“Untuk tahun 2018 UNG secara resmi akan ikut serta dalam program Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) yang digagas oleh Organisasi SEAMEO,” ungkap Wakil Rektor IV UNG Prof. Dr. Hasanuddin Fatsah, M.Hum, usai menghadiri pertemuan 5th Evaluation Meeting Pre Service Student Teacher Exchange in South East Asia – SEA Teacher Project, Selasa (3/4),.

Pada program ini nantinya kata Prof. Hasanuddin, mahasiswa akan difasilitasi PPL di luar negeri, baik dalam bentuk pertukaran mahasiswa antar universitas maupun penugasan di sekolah Indonesia maupun di luar negeri.

“PPL bersama antar Perguruan Tinggi nantinya akan menempatkan mahasiswa untuk praktek mengajar diberbagai Sekolah diwilayah Asia Tenggara. Diharapkan melalui program ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa UNG sebagai tenaga pengajar profesional,” ujarnya.

Ditahun pertama keikut sertaan program, UNG akan mengirimkan 2 mahasiswa untuk terlibat dalam Program PPL Internasional. Proses seleksinya akan dilakukan secara ketat melalui dua tahapan seleksi baik itu seleksi internal dan seleksi eksternal oleh pihak SEAMEO.

“Mahasiswa yang mengikuti program PPL Internasional akan memperoleh sertifikat yang diakui dari organisasi SEAMEO, yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam mengajar pada sekolah dibeberapa negara Asia Tenggara,” terang Prof. Hasanuddin.

Program PPL Internasional atau Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) sejumlah Perguruan Tinggi beberapa negara yakni Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura serta beberapa Negara lain. Untuk Program Studi yang diprioritaskan dalam program ini meliputi bidang Sosial, Bahasa, Matematika dan IPA, Olahraga dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0