UKM Palebohu Turun ke Jalan Berikan Edukasi HIV-AIDS

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 18 Desember 2017 . 15:43:44

 

GORONTALO - Sejumlah mahasiswa kembali melakukan aksi turun ke jalan yang dipusatkan di depan pintu gerbang Universitas Negeri Gorontalo, Sabtu (16/12),. Aksi yang diprakarsai oleh UKM Pusat Konseling Mahasiswa Palebohu tersebut, bukan untuk melakukan aksi demonstrasi seperti pada umumnya, melainkan sebagai aksi sosialisasi bahaya penyakit HIV-Aids bagi masyarakat.

Kegiatan edukasi untuk membuka wawasan masyarakat tentang HIV-AIDS dilakukan PKM Palebohu, dengan mengedukasi secara langsung kepada masyarakat disekitar gerbang kampus maupun masyarakat yang melintas dijalan.

Sejumlah leaflet bahaya HIV-AIDS, pita dan bunga dibagikan secara gratis. Bahkan beberapa mahasiswa bercengkrama langsung ke sejumlah masyarakat untuk mensosialisasikan bahaya HIV-AIDS, serta mengajak masyarakat untuk melakukan tes HIV-AIDS secara gratis.

Ketua UKM Palebohu Suparman mengungkapkan, aksi terun ke jalan yang dilakukan kali ini, merupakan bentuk komitmen UKM Palebohu dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya HIV-AIDS. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan bertatap muka langsung, maupun melalui leaflet yang memuat beragam informasi terkait HIV-AIDS.

"Kita juga bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan Aids dan Dinas Kesehatan untuk melakukan tes HIV-AIDS secara sukarela dan gratis," ungkap Suparman.

 

 

Melalui langkah sosialisasi secara langsung tersebut, Suparman berharap masyarakat khususnya mahasiswa akan lebih awas dan sadar akan bahaya HIV-AIDS yang bisa saja menjangkiti siapa pun. "Aksi ini semata-mata sebagai langkah UKM Palebohu, dalam membentengi masyarakat terhadap penyebaran penyakit HIV-AIDS, dengan memberikan edukasi secara langsung," jelasnya.

Sementara itu Wakil Pembina 1 UKM Palebohu Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons, menuturkan, sebagai UKM baru yang fokus pada kegiatan konseling, UKM Palebohu terus didorong untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Salah satu fokus penyuluhan yang gencar dilakukan terfokus pada permasalahan bahaya penyalahgunaan Narkotika, bahaya HIV-AIDS dan fenomena LGBT di masyarakat.

"Penyuluhan terus kita dorong agar masyarakat bisa tau dan membentengi diri dari Narkoba, HIV-AIDS dan LGBT. Sehingga dapat tercipta lingkungan masyarakat yang sejahtera dan terhindar dari perilaku negatif," pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61