Tulang Ikan Tuna Jadi Bahan Alami Untuk Campuran Sabun dan Krim Kulit

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Februari 2018 . 08:58:00

 

GORONTALO – Jika sebagian besar produk sabun mandi maupun krim kulit banyak menggunakan bahan kimia sebagai bahan utama maupun pengental. Namun ditangan Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Asri Silvana Naiu, S.Pi, M.Si, dapat diciptakan sabun dan krim herbal dengan campuran gelatin dari ekstrak tulang ikan tuna.

Menurut Silvana bahan krim diambil dari bahan-bahan alami, karena biasanya bahan untuk bahan-bahan tersebut banyak menggunakan bahan kimia sehingga diberinama herbal skin cream dan sabun herbal gell. Untuk pengental biasanya menggunakan pengental kimia berupa karbomerang, jika lama-lama digunakan pada kulit akan menyebabkan iritasi apalagi untuk kulit sensitive.

“Untuk pengganti bahan pengental kimia tersebut kami menggunakan gelatin dari ekstrak tulang ikan tuna. Karena stabilisator antara senyawa kimia perlu distabilkan menggunakan gelatin yang berfungsi gelatin sebagai stabilisator, pengemulsi, pengental dari formula krim dan sabun,” ungkapnya.

Selain menggunakan gelatin dari ekstrak tulang ikan tuna, bahan-bahan lain yang digunakan pada senyawa sabun dan krim kulit tersebut menggunakan ekstrak ketimun, bengkoang, jeruk dan beberapa bahan alami lainnya.

“Seluruh bahan yang digunakan merupakan bahan alami dan aman untuk digunakan untuk kulit baik itu untuk kulit sensitive sekalipun. Untuk masa bertahan produk tersebut khususnya produk sabun hingga 9 bulan, sedangkan untuk krim kulit masih sementara diuji lebih lanjut,” jelasnya.

Menurut Nikma produk sabun mandi dan krim kulit ini merupakan produk hasil penelitian dari hibah Kementerian Ristekdikti. Untuk Produk Sabun merupakan penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 hingga 2017, dan sementara proses pengajuan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61