Tips Menghadapi UTBK Ala Wakil Rektor Bidang Akademik UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf A.Md. . 10 Mei 2019 . 16:32

 

GORONTALO – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai salah satu prosedur mendaftar SBMPTN 2019 telah memasuki ujian gelombang II pada Sabtu (11/5),. Pada pelaksaan UTBK, peserta ujian harus menjawab soal-soal ujian dengan beragam tingkat kesulitan, dan untuk mengadapai ujian dibutuhkan strategi agar seluruh soal dapat dijawab.

Dalam mengikuti ujian Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, M.P, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNG, sekaligus Penanggung Jawab pelaksana UTBK UNG membagikan tips untuk mengikuti rangkaian ujian. Tips pertama yang harus dilakukan peserta ujian adalah mempersiapkan diri dengan belajar sebaik-baiknya sebelum pelaksanaan ujian.

“Membekali diri dengan belajar adalah kunci untuk menghadapi ujian. Karena dengan memahami seluruh pertanyaan soal akan memudahkan dalam mengisi jawaban,” ungkap Prof. Mahludin.

Saat mengikuti ujian nanti, langkah yang harus dilakukan peserta yakni harus tenang selama mengikuti ujian. Karena jika tidak dalam keadaan tenang akan membuat mental menjadi down dan grogi, yang dikawatirkan membuat konsentrasi menjadi buyar.

“Ketika konsentrasi buyar peserta akan kebingungan sendiri serta tidak percaya diri saat menjawab soal,” terangnya.

Selain itu yang harus menjadi perhatian menerapkan strategi dengan menjawab soal yang dirasa lebih mudah terlebih dahulu. Terlebih waktu yang diberikan saat ujian cukup terbatas dan mengharuskan peserta dapat mengatur waktu dalam menjawab seluruh pertanyaan.

“Ketika ujian peserta akan berpacu dengan waktu yang diberikan. Fokuslah untuk menjawab pertanyaan yang dirasa mudah, kemudian beralih ke soal yang tingkat kesulitannya tinggi,” ujar Prof. Mahludin.

Menurut Prof. Mahludin, unsur penting lainnya yang sering dilupakan peserta yakni mempersiapkan fisik dan mental dalam menghadapi ujian. Karena ujian membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang baik terlebih gelombang ke II dilaksanakan saat bulan ramadhan.

“Untuk itu makan dan istirahat yang cukup agar fisik dan mental kalian siap iktu ujian. Dan yang terpenting juga adalah selalu berdoa agar diberikan kemudahan selama proses ujian,” tungkasnya.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019 terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta. TKA mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di Sekolah formal khususnya pendidikan tinggi. Sementara itu TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman kelimuan yang diajarkan di Sekolah. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61