Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Ini Upaya Fakultas Ilmu Pendidikan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 1 Desember 2016 . 09:59:24

 

GORONTALO - Sebagai salah satu Fakultas unggulan di Universitas Negeri Gorontalo, Fakuktas Ilmu Pendidikan terus melakukan peningkatan kualitas kegiatan pendidikan dan pembelajaran di lingkungannya. Peningkatan kualitas pendidikan dilakukan melalui pengembangan Kurikulum, pada kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum, Rabu (30/11), di New Rahmat Hotel Gorontalo.

Dalam pengembangan kurikulum kata Wakil Dekan Bidang Akademik FIP Dr. Arwildayanto, S.Pd., M.Pd disesuaikan dengan standar KKNI dan SN Dikti. Karena kurikulum yang diterapkan Perguruan Tinggi saat ini, sudah harus bermigrasi serta menyesuaikan diri dengan regulasi yang mengatur kurikulum pendidikan perguruan tinggi.

Pada proses pengembangan kurikulum, FIP turut melibatkan sejumlah pihak di lingkungan Fakultas maupun masyarakat, seperti Dosen, alumni hingga para Guru dan Kepala Sekolah hingga Stakeholder.

Menurut Dr. Arwildayanto, hal tersebut dilakukan agar dalam penyusunan kurikulum dapat memperoleh saran dan masukan dari berbagai pihak. Sehingga materi pembelajaran yang diberikan dikelas sesuai kebutuhan Masyarakat, Lapangan Kerja dan Stakeholder pengguna lulusan.

"Dengan terus menyesuaikan kurikulum sesuai kebutuhan masyarakat, tentunya FIP berupaya menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten dengan dunia kerja," ujar Dr. Arwildayanto.

Sementara itu menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP, kurikulum memiliki peran penting dalam proses pendidikan mahasiswa. Bahkan ia mengibaratkan kurikulum sebagai pondasi utama dalam membentuk lulusan yang berkualitas."Seluruh Perguruan Tinggi dituntut mampu menghasilkan lulusan yang mempuni. Dan Kurikukum yang baik merupakan salah satu instrumen penting dalam mewujudkan lulusan yang berkualitas dan sesuai kebutuhan dunia kerja dan masyarakat," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61