Tingkatkan Kualitas Kualitas Layanan, UPT Perpustakaan Gelar Webinar Nasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 24 September 2021 . 15:14:03

GORONTALO - Demi mewujudkan perpustakaan sebagai sumber diseminasi informasi dan ilmu pengetahuan bagi pemustaka di era digital ini, kapasitas pustakawan dan kualitas layanan perpustakaan perlu ditingkatkan secara berkesinambungan. Menyikapi hal ini, UPT Perpustakaan menggelar webinar nasional perpustakaan secara daring dan luring dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat (Kamis, 23/9).

Ketua Panitia, Alfian Zakaria, MT, menjelaskan bahwa webinar ini bertujuan untuk memfasilitasi pustakawan, baik di UPT Perpustakaan UNG maupun di luar UNG, untuk meningkatkan kapasitas profesionalime mereka dalam menjalankan layanan perpustakaan, khususnya yang berbasis digital. “Kami mengundang Teuku Syamsul Bahri, M.Si (Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia) dan Achmad Riyadi Alberto, S.Ptk (Pustakawan Perpusnas RI) sebagai narasumber dalam webinar ini” terang Alfian.

Dalam sambutannya, Kepala UPT Perpustakaan UNG, Dr. Ismet Sulila, mengapresiasi webinar ini. “Kami berharap, para pustakawan, khususnya di UNG, dapat termotivasi untuk terus meningkatkan kecakapan atau keahlian dalam bidang perpustakaan” harap Ismet.

Ismet berharap webinar dapat memberi dampak positif bagi peningkatan kualitas diseminasi ilmu pengetahuan kepada seluruh pemustaka di UNG, terutama mahasiswa.

Wakil Rektor 1 UNG, Dr. Harto Malik, mewakili Rektor UNG, menyampaikan bahwa upaya-upaya peningkatan profesionalisme pustakawan sangat penting untuk dilakukan. “Di era revolusi industri ini, sudah semestinya layanan perpustakaan bergeser ke layanan berbasis digital” jelas Harto.

Harto menambahkan, pemanfaatan teknologi dalam layanan kepustakaan dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan sesuai dengan kebutuhan pemustaka saat ini.

Webinar ini dihadiri oleh mahasiswa dan pustakawan di UNG, serta pustakawan di Provinsi Gorontalo dan dari institusi di luar Provinsi Gorontalo. Selain materi tentang peran penting pustakawan yang disampaikan oleh Ketua Umum IPI, akses terhadap bahan pustaka secara daring di Perpusnas RI oleh Pustakawan Perpusnas RI, webinar ini juga mengulas bagaimana layanan berbasis digital dapat diakses di UPT Perpustakaan oleh Alfian Zakaria, MT. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0