Tingkatkan Fungsi Pengawasan, SPI Latih Auditor Internal

Oleh: Abdul Wahid Rauf A.Md. . 22 November 2018 . 08:43

 

GORONTALO – Dalam memaksimalkan fungsi pengawasan terhadap kegiatan kelembagaan di linkungan Universitas Negeri Gorontalo, Satuan Pengawas Internal (SPI) melakukan pelatihan untuk auditor ad hoc. Pelatihan auditor di lingkungan unit kerja UNG dilakukan melalui pelatihan audit internal non akademik, Rabu (21/12), di Ballroom TC Damhil UNG.

Kelapa SPI UNG Dr. Endang mengungkapkan, pelaksanaan tugas dan fungsi SPI sangatlah banyak dan kompleks, dimana salah satu fungsinya berupa upaya pengawasan pelaksanaan kelembagaan khususnya berimplikasi pada keuangan aset, keuangan dan sumberdaya manusia.

“Fungsi pengawasan ini tugas yang cukup kompleks, sehingga dibutuhkan peran lebih agar fungus pengawasan tersebut dapat mengontrol jalannya lembaga sesuai aturan berlaku,” ungkap Endang.

Upaya pelaksanaan fungsi yang terhitung kompleks tersebut kata Endang, terkendala oleh minimnya sumberdaya manusia pelaksana fungsi pengawasan di lapangan. Dibutuhkan dukungan menjalankan fungsi tersebut melalui peran unit kerja sebagai auditor ad hoc sebagai menjalankan peran auditor internal non akdemik.

“Pelatihan audit internal menjadi salah satu cara agar fungsi pengawasan dapat berjalan maksimal hingga menyentuh seluruh unit lembaga melalui auditor addhoc,” terangnya.

Menurut Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, penguatan peran pengawasan SPI menjadi sangat penting untuk bisa mengontrol pelaksanaan kelembagaan di UNG. Menjalankan peran kompleks itu membutuhkan dukungan SDM yang berkualitas, sebagai perpanjangan tangan dari SPI disetiap unit.

“Dalam melakukan fungsi pengawasan tentunya kita harus mengutamakan pembinaan sebagai tindakan awal, agar nantinya seluruh pelaksanaan kelembagaan di UNG dapat berjalan sesuai aturan guna mewujudkan komitmen good governance,” pungkas Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61