Tim DPR-RI Minta Masukan RUU Persandian ke Jurusan Informatika

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Maret 2017 . 10:49:42

 

GORONTALO - Dalam rangkaian kegiatan penggodokan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Persandian. Tim Badan Keahlian DPR-RI menggelar dialog serta diskusi dengan civitas akademika Fakultas Teknik (Fatek) UNG khususnya Jurusan Teknik Informatika, dalam meminta masukan dan saran terkait penyusunan RUU Persandian, Rabu (1/3), di Aula Fatek.

Diskusi yang banyak melibatkan civitas akademika Jurusan Teknik Informatika tersebut, turut diikuti sejumlah mahasiswa. Bahkan mahasiswa yang hadir dalam pertemuan tersebut sangat antusias dalam memberikan sumbangsih gagasan dan pemikiran terkait penyusunan RUU tentang Persandian tersebut.

Ketua Tim Badan Keahlian DPR-RI Ahmad Budiman mengungkapkan, Tim Badan Keahlian DPR-RI saat ini ditugaskan untuk menyusun RUU tentang Persandian. Untuk itu diperlukan sebuah kajian atau riset, diantaranya dengan pendalaman melalui diskusi ditingkat pusat maupun daerah.

"Diskusi melibatkan seluruh aspek yang menyelenggarakan persandian seperti bidang keamanan dan pertahanan. Serta juga turut melibatkan masyarakat khususnya perguruan tinggi yang membidangi teknologi," ujar Ahmad.

Melalui diskusi bersama civitas akademika Jurusan Teknik Informatika, Ahmad berharap masukan yang membangun dari pemikiran mahasiswa, tentang persoalan pemanfaatan IT khususnya persandian bagi pemerintah maupun masyarakat.

 

 

Dekan Fakultas Teknik Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, menyambut baik dialog dalam upaya penyempurnaan RUU tentang Persandian yang digagas tim Badan Keahlian DPR-RI. Menurutnya topik diskusi memiliki kaitan erat dengan Fatek, karena memiliki jurusan yang membidangi terkait teknisi yakni jurusan teknik informatika.

"Civitas akademika Fatek sangat terbuka dengan diskusi dan dialog semacam ini. Terlebih Fatek juga sangat aktif baik itu secara langsung maupun tidak langsung, dalam berkontribusi pada pemerintah daerah terkait perkembangan bidang keteknikan," terang Hidayat.

Sementara itu Ketua Jurusan Teknik Informatika Tajuddin Abdillah, S.Kom, M.Sc, menambahkan, momentum diskusi bersama Tim Badan Keahlian DPR-RI menjadi sangat istimewa karena civitas akademika Teknik Informatika baik itu dosen dan mahasiswa, dapat turut serta menyumbangkan sedikit gagasan dan pemikiran positif penyempurnaan RUU tentang Persandian.

"Mahasiswa kita juga banyak memiliki ide dan gagasan yang cukup baik. Sehingga ini juga menjadi wadah mereka untuk menyalurkan gagasan ide kreatif yang mereka miliki," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61