Tidak Lolos SNMPTN, Siswa Bisa Masuk UNG Lewat Jalur SBMPTN dan Mandiri

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 27 Maret 2019 . 10:05:42

 

GORONTALO – Pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 telah berakhir. Meskipun tahapan tersebut telah selesai para siswa baru yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri khususnya di Universitas Negeri Gorontalo masih memiliki kesempatan melalui berbagai jalur lainnya diantaranya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri.

Humas SBMPTN UNG Wahidun Usulu, S.Pd, menuturkan sesuai dengan petunjuk aturan penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri, UNG memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendaftar masuk memalui 3 jalur yakni SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

“Selesainya tahap SNMPTN bukan berarti akhir dari harapan siswa masuk Perguruan Tinggi Negeri. Namun ada beberapa jalur lagi yang disediakan melalui SBMPTN dan Mandiri,” ungkap Wahidun.

Pendaftaran seleksi melalui jalur SBMPTN kata Wahidun, sesuai jadwal akan mulai dibuka pada tanggal 10 Juni dan berakhir pada 24 Juni 2019 mendatang secara online melalui http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Akan tetapi sebelum mendaftar seleksi, siswa diwajibkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dimana nantinya nilai hasil UTBK tersebut akan digunakan untuk mendaftar seleksi SBMPTN 2019.

“Sedangkan untuk jalur Mandiri akan dibuka setelah tahapan SBMPTN selesai. Jalur Mandiri akan menjadi kesempatan terakhir bagi siswa mendaftar masuk pada Perguruan Tinggi Negeri khususnya di UNG,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Wahidun, secara keseluruhan kuota penerimaan mahasiswa baru UNG dibuka mencapai 6000-an untuk calon mahasiswa baru. Untuk jalur SBMPTN disediakan kuota sebanyak 40 persen dari total keseluruhan kuota mahasiswa baru, sedangkan jalur Mandiri disediakan kuota mahasiswa baru sebanyak 30 persen. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0