TeSCA Winner 2014

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 10 Januari 2015 . 13:04:00

Pemanfaatan TIK, UNG Terbaik Se Sulawasi

“The TeSCA Winner mengukuhkan kampus merah maron sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia Timur”

Dari 568 perguruan tinggi peserta TeSCa 2014 yang terverifikasi, Universitas Negeri Gorontalo sukses menjadisalah satu dari 53 Perguruan Tinggi yang berhasil menjadi yang terbaik dalam pemanfaatan TIK di lingkungan Perguruan Tinggise Indonesia di malam awarding TeSCA 2014.

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kegiatan akademik maupun non akademik Universitas Negeri Gorontalo, mendapat pengakuan sejumlah pihak. Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya penghargaan sebagai kampus dengan pemanfaatan IT terbaik Se Sulawesi atau Sulawesi TeSCA Winner, pada ajang Telkom Smart Campus Award (TeSCA) 2014.

Ajang TeSCA adalah sebuah program self assessment untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia dengan menggunakan metode “ZEN Framework” yang akan mengukur beragam komponen mulai dari infrastuktur, aplikasi, sumberdaya manusia, hingga komponen kebijakan dan sebagainya. TeSCA diinisiasi oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk bekerjasama dengan Dirjen Perguruan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dewan Teknologi dan Komunikasi Nasional (Detiknas), dan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom).

Prestasi dibidang TIK tersebut menjadi kebanggaan tersendiri seluruh Civitas Akademika Universitas Negeri Gorontalo khususnya Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd. Menurutnya, diraihnya prestasi tersebut secara tidak langsung mengukuhkan kampus merah maron sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia Timur, dan bahkan mampu sejajar dengan Perguruan Tinggi terbaik lainnya di seluruh Indonesia dalam pemanfaatan TIK di lingkungan kampus.

Prestasi tersebut kata Rektor bukan merupakan capaian yang instan. Karena tentunya, semenjak di lantik sebagai Rektor UNG, peningkatan pemanfaatan teknologi Informasi di lingkungan kampus menjadi salah satu prioritas dalam mengembangkan UNG menjadi Leading University. Mulai dari pembangunan Infrastruktur penunjang, peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan UNG dalam pemanfaatan TIK, serta pengembangan berbagai sistem informasi penunjang berbagai aktifitas akademik maupun non akademik. Berbagai perkembangan yang dirintis tersebut kata Rektor perlahan mulai mendapat pengakuan sejumlah kalangan. Pada tahun 2013, di ajang TESCA award, UNG berhasil meraih kampus terbaik ke-2 di kategori Sulawesi dengan nilai index 3,164 dari skala 5,000. Di tahun 2014 kemarin UNG berhasil meraih poin tertinggi di kategori Sulawesi sehingga menjadi kampus paling smart di Sulawesi versi Tesca Indonesia.

“Prestasi ini bukan akhir dari perkembangan UNG di bidang TIK. Namun diraihnya prestasi ini akan menjadi cambuk pemicu untuk bisa meningkatkan lagi kualitas UNG dalam pengembangan TIK sebagai salah satu tulang punggung perkembangan UNG ke arah yang lebih baik lagi,” tegas Rektor. #

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61