TeSCA Winner 2014

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 10 Januari 2015 . 13:04:00

Pemanfaatan TIK, UNG Terbaik Se Sulawasi

“The TeSCA Winner mengukuhkan kampus merah maron sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia Timur”

Dari 568 perguruan tinggi peserta TeSCa 2014 yang terverifikasi, Universitas Negeri Gorontalo sukses menjadisalah satu dari 53 Perguruan Tinggi yang berhasil menjadi yang terbaik dalam pemanfaatan TIK di lingkungan Perguruan Tinggise Indonesia di malam awarding TeSCA 2014.

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kegiatan akademik maupun non akademik Universitas Negeri Gorontalo, mendapat pengakuan sejumlah pihak. Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya penghargaan sebagai kampus dengan pemanfaatan IT terbaik Se Sulawesi atau Sulawesi TeSCA Winner, pada ajang Telkom Smart Campus Award (TeSCA) 2014.

Ajang TeSCA adalah sebuah program self assessment untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia dengan menggunakan metode “ZEN Framework” yang akan mengukur beragam komponen mulai dari infrastuktur, aplikasi, sumberdaya manusia, hingga komponen kebijakan dan sebagainya. TeSCA diinisiasi oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk bekerjasama dengan Dirjen Perguruan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dewan Teknologi dan Komunikasi Nasional (Detiknas), dan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom).

Prestasi dibidang TIK tersebut menjadi kebanggaan tersendiri seluruh Civitas Akademika Universitas Negeri Gorontalo khususnya Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd. Menurutnya, diraihnya prestasi tersebut secara tidak langsung mengukuhkan kampus merah maron sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia Timur, dan bahkan mampu sejajar dengan Perguruan Tinggi terbaik lainnya di seluruh Indonesia dalam pemanfaatan TIK di lingkungan kampus.

Prestasi tersebut kata Rektor bukan merupakan capaian yang instan. Karena tentunya, semenjak di lantik sebagai Rektor UNG, peningkatan pemanfaatan teknologi Informasi di lingkungan kampus menjadi salah satu prioritas dalam mengembangkan UNG menjadi Leading University. Mulai dari pembangunan Infrastruktur penunjang, peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan UNG dalam pemanfaatan TIK, serta pengembangan berbagai sistem informasi penunjang berbagai aktifitas akademik maupun non akademik. Berbagai perkembangan yang dirintis tersebut kata Rektor perlahan mulai mendapat pengakuan sejumlah kalangan. Pada tahun 2013, di ajang TESCA award, UNG berhasil meraih kampus terbaik ke-2 di kategori Sulawesi dengan nilai index 3,164 dari skala 5,000. Di tahun 2014 kemarin UNG berhasil meraih poin tertinggi di kategori Sulawesi sehingga menjadi kampus paling smart di Sulawesi versi Tesca Indonesia.

“Prestasi ini bukan akhir dari perkembangan UNG di bidang TIK. Namun diraihnya prestasi ini akan menjadi cambuk pemicu untuk bisa meningkatkan lagi kualitas UNG dalam pengembangan TIK sebagai salah satu tulang punggung perkembangan UNG ke arah yang lebih baik lagi,” tegas Rektor. #

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0