Tendik UNG Bakal Diberi Pelatihan ke Luar Negeri

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Februari 2016 . 09:23:20

 

GORONTALO – Dalam pengembangan kualitas Tenaga Kependidikan (Tendik) penunjang aktifitas kampus, Universitas Negeri Gorontalo bakal memberikan kesempatan kepada staf tenaga kependidikan untuk mengikuti program pelatihan keahlian ke luar Negeri.

Kegiatan pelatihan Overseas Non-Degree Training pada program Staf Project Implementation Unit (PIU) Islamic Development Bank (IDB) 7 in 1 Universitas Negeri Gorontalo, bakal mengirimkan 2 tenaga kependidikan berlatar belakang pustakawan dan ahli IT, untuk melakukan magang di Amerika dan Australia.

Ketua Tim Seleksi Overseas Non-Degree Training Karmila Mahmud, M.A, Ph.D, mengatakan, dalam seleksi program ini, akan diikuti oleh 34 Tendik yang berprestasi di bidang IT dan Pustakawanan. Nantinya 34 Tendik tersebut akan mengikuti proses seleksi tahap awal melalui proposal pelatihan, untuk kemudian dipilih sebanyak 8 peserta yang akan lolos pada seleksi awal.

“8 Peserta yang lolos akan diberikan pelatihan bahasa inggris secara intensif selama 6 bulan. Untuk membekali mereka kemampuan berkomunikasi berbahasa asing ketika mengikuti pelatihan di Universitas yang dituju,” terang Karmila.

Usai mengikuti pelatihan bahasa asing kata Karmila, 8 peserta yang terpilih nantinya akan mengikuti seleksi tahap akhir untuk dipilih 2 Tendik terbaik yang akan diberikan kesempatan pelatihan ke luar negeri, dan kemungkinan jumlah yang akan diberangkatkan tersebut akan bertambah sesuai dengan kebijakan pimpinan.

“Peserta diberikan kebebasan untuk memiliih Negara dan Lembaga yang ingin dituju, dan selama 2 bulan lamanya akan mengikuti pelatihan dilembaga tersebut dengan dibiayai langsung oleh IDB,” terang Karmila.

Lebih lanjut dijelaskan Karmila, dipilihnya Pustakawan dan IT untuk mengikuti perlatihan dikarenakan pada Project IDB 7 in 1 akan fokus dalam pengembangan gedung kampus, khususnya dalam pengembangan perpustakaan dan IT. Karena sesuai rencana, Perpustakaan dan Fasilitas IT akan dikembangkan secara moderen dan cangghi, dan membutuhkan tenaga IT dan Pustakawan yang kompeten.

Sementara itu Kepala Biro Umum dan Keuangan Drs. Abd Rasyid Kau, M.Si, berharap kepada seluruh Tendik untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Karena peluang untuk bisa memperoleh pengalaman pelatihan luar negeri sangatlah langkah.

“Bersainglah dengan sungguh-sungguh untuk bisa memperoleh kesempatan emas ini. Dan diharapkan yang terpilih nantinya bisa menularkan apa yang telah diperoleh selama pelatihan kepada teman-teman Tendik lainnya,” harap Rasyid. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0