Teknik Menuju Unggul Dan Berdaya Saing Melalui Pembinaan Kemahasiswaan dan Alumni

Oleh: Abdul Wahid Rauf A.Md. . 27 Januari 2020 . 16:51

 

GORONTALO – Dalam mendukung visi dan misi rektor maka Fakultas Teknik mulai berbenah dalam hal, pembinaan prestasi mahasiswa melalui pembentukan Unit PKMA (Penguatan Kapasitas Mahasiswa & Alumni).

Menurut Dekan FT UNG Dr. Sardi Salim, M.Pd, unit ini sengaja dibentuk untuk membina mahasiswa Fakultas Teknik agar lebih berprestasi, meningkatkan layanan dan penyediaan data dan informasi kemahasiswaan/ alumni, perubahan karakter mahasiswa.

“Unit ini terdiri perwakilan dosen dari 6 jurusan dilingkungan Fakultas Teknik yang diketuai oleh 1 orang ketua dan 5 Divisi,” ungkap Dr. Sardi.

Dr. Sardi menjabarkan Divisi tersebut terdiri dari divisi pengembangan prestasi akademik minat dan bakat; Divisi Konseling, softskill, Karakter, dan Kelembagaan Ormawa; Divisi penelitian, PKM dan publikasi mahasiswa; Divisi Kewirausahaan, inovasi, Technopreneurship; Divisi Peningkatan kualitas alumni.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Tajuddin Abdillah, S.Kom, M.Cs, menambahkan setiap divisi dalam Unit ini telah membuat program kerja masing-masing. Sebagai contoh Divisi Peningkatan Kualitas Alumni, salah satu program yang telah direncanakan adalah Desiminasi Hasil penelitian mahasiswa yang melibatkan stakeholder (dibuat setiap periode wisuda).

“Tujuan dari program ini adalah mempercepat waktu tunggu alumni (0-3 bulan maka nilai akreditasi 4) dalam mencari pekerjaan, karena saat diseminasi dilakukan siapa tahu ada stakeholder yang tertarik dengan kemampuan alumni dan direkrut menjadi karyawan dikantornya,” terangnya.

Alokasi dana untuk mendukung seluruh program yang telah direncanakan dalam Unit PKMA ini telah tersedia di RBA fakultas Teknik, sehingga tim kerja pada unit ini tidak perlu lagi berpikir tentang anggaran dan lebih fokus pada keberhasilan pembinaan kemahasiswan.

“Tim kerja tidak perlu lagi berpikir tentang hal-hal lain selain fokus pada pelaksanaan program dan keberhasilan pembinaan yang telah diprogramkan, sehingga bisa membawa FT menjadi Fakultas Unggul dan berdaya saing dibidang kamahasiswaan,” ujarnya.

Untuk meningkatkan layanan pada mahasiswa teknik kata Tajuddin, saat ini Fakultas Teknik sedang mengembangkan sebuah aplikasi yang akan digunakan oleh mahasiswa untuk pelayanan dibidang kebutuhan dokumen (sekali pencet kebutuhan surat menyurat oleh mahasiswa itu bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja). (wahid)

Agenda

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61

30 Januari 2018

Kuliah Umum oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI

Kuliah Umum oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI