Tekan Biaya UKW, UNG Didorong Jadi Lembaga Uji Kompetensi

Oleh: Rusli Adam . 5 Oktober 2021 . 13:12:33

 

PWI Gorontalo mendorong Universitas Negeri Gorontalo (UNG), melalui Jurusan/Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, menjadi salah satu Perguruan Tinggi Penguji Standar Kompetensi Wartawan. Ini akan menjadi salah satu bentuk kontribusi nyata UNG terhadap pengembangan pers di Gorontalo.

"Dengan menjadi Lembaga Uji Kompetensi, UNG setidaknya telah menjawab tantangan yang dihadapi pers saat ini, terlebih soal tingginya biaya yang ditimbulkan dari pelaksanaan uji kompetensi karena harus mendatangkan penguji dari luar daerah ...,"

"Dorongan agar UNG menjadi lembaga uji kompetensi ini, sudah kita sampaikan langsung kepada Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, saat audiens tadi," ungkap Ketua PWI Gorontalo, Haris Zakaria, Senin (04/10/2021).

Haris mengungkapkan, Perguruan Tinggi memiliki peran penting dalam mengembangkan kehidupan pers. Dunia kampus yang cenderung teoritis dan etis, sangat dibutuhkan dalam membentuk kesadaran, pengetahuan dan keterampilan terutama bagi masyarakat pers.

Dewan Pers sebagai lembaga yang menjalankan fungsi pengawasan pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik, telah memberi ruang kepada Perguruan Tinggi untuk dapat terlibat secara aktif dalam membentuk 3 aspek penting (kesadaran, pengetahuan dan keterampilan) dalam Standar Kompetensi Wartawan (SKW).

"Demi meningkatkan dan mengefektifkan pelaksanaan SKW, masyarakat pers telah menyampaikan saran dan pesetujuan tentang kriteria dan penetapan Perguruan Tinggi sebagai Lembaga Penguji Standar Kompetensi Wartawan ...,"

"Dan ini telah ditindaklanjuti dengan diterbitkannya SK Dewan Pers Nomor 05/SK-DP/I/2011 tentang  Kriteria dan Tata Cara Menetapkan Perguruan Tinggi sebagai Lembaga Penguji Standar Kompetensi Wartawan," jelas Haris.

Berdasarkan daftar Lembaga Uji Kompetensi di Dewan Pers, saat ini ada 28 Lembaga Penguji SKW yang tercatat di Dewan Pers, terdiri unsur Perguruan Tinggi, Perusahaan Pers, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Wartawan, dan Organisasi Wartawan.

Dari 28 Lembaga Penguji SKW, baru 6 Perguruan Tinggi yang terstandarisasi sebagai Lembaga Penguji SKW yang keseluruhannya berkedudukan di Pulau Jawa.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0