Tahapan Pemilihan Rektor UNG Periode 2018-2022 Mulai Bergulir

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 24 Agustus 2018 . 10:04:02

 

GORONTALO – Kontestasi pemilihan pucuk pimpinan tertinggi yakni Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2018-2022 di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo mulai digulirkan. Berkulirnya ajang Pilrek ditandai dengan dimulainya tahapan penjaringan sebagai salah satu tahapan awal pelaksanaan ajang Pilrek.

“Ajang Pilrek UNG ditahun ini diawali dengan tahapan penjaringan berupa pengumuman penjaringan bakal calon Rektor yang kita mulai sejak 13 Agustus kemarin. Pemilihan bersifat open recruitment, panitia juga telah menyurati 135 perguruan tinggi di seluruh Indonesia,” ungkap Ketua Panitia Pilrek Dr. Muhamad Amir Arham, M.E, saat diwawancarai, Selasa (22/8),.

Untuk proses pendaftaran bakal calon Rektor kata Amir, dimulai sejak tanggal 14 Agustus hingga 31 Agustus mendatang. Sedangkan verifikasi berkas administrasi bakal calon Rektor dilakukan pada tanggal 5 s/d 8 September. “Untuk penetapan bakal calon Rektor yang memenuhi kualifikasi akan diumumkan pada 10 September,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan selain tahap penjaringan, tahap selanjutnya yang akan dilakukan yakni tahap penyaringan dengan agenda penyampaian visi, misi dan program kerja, serta penilaian dan penetapan calon Rektor. Setelah proses penyaringan, tahap selanjutnya yang akan dilakukan yakni tahap pemilihan yang akan dilakukan oleh anggota senat Universitas dan Menteri Ristekdikti.

“Berdasarkan Permen Ristekdikti No 19 tahun 2017 komposisi suara pada Pilrek nanti yakni 35% suara oleh Menteri dan 65% oleh senat Universitas. Sedangkan tanggal pasti pelaksanaan Pilrek akan dilakukan pada rentang waktu 24 s/d 28 September untuk menyesuaikan jadwal Menteri,” ujarnya.

Menurut Amir terkait proses pendaftaran, pihak panitia memfasilitasi para bakal calon untuk mendaftar secara langsung dengan membawa seluruh berkas persyaratan ke Panitia Pilrek di Gedung Rektorat UNG, maupun melalui pendaftaran secara online pada laman www.pilrek.ung.ac.id. “Terkait seluruh persyaratan bakal calon, kelengkapan dokumen dan jadwal tahapan juga bisa diakses melalui www.pilrek.ung.ac.id,” papar Amir.

Dalam agenda Pilrek tahun ini panitia menyisipkan agenda tambahan yang telah disetujui oleh Senat dan Menteri Ristekdikti berupa sosialisasi bakal calon Rektor ke Fakultas dan seluruh civitas akademika UNG. Hal ini dilakukan agar seluruh civitas akademika UNG dapat mengetahui visi dan program kerja dari para calon pemimpin UNG. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0