Tahap Pendaftaran SBMPTN 2019 Mengalami Perubahan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Januari 2019 . 10:20:00

Prof. Mahludin: Peserta Harus Ujian Terlebih Dahulu Baru Mendaftar SBMPTN

 

 

 

GORONTALO – Seiring dengan dimulainya tahap Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SMPTN), kegiatan sosialiasi terus gencar dilakukan UNG. Ini karena pada pelaksanaan SMPTN tahun 2019 terdapat beberapa perbedaan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, khususnya dalam tahap pendaftaran dan ujian seleksi pada SBMPTN 2019.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, menuturkan, untuk seleksi SMPTN pada jalur peneriman SBMPTN 2019 mengalami perubahan yang signifikan dibanding tahun lalu. Dimana untuk tahun ini peserta harus mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id dan mengikuti ujian terlebih dahulu, kemudian nilai hasil ujian tersebut akan dilampirkan pada tahap pendaftaran SBMPTN nanti pada laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

“Peserta akan diberikan kesempatan ujian maksimal dua kali, sehingga jika hasilnya dirasa kurang memuaskan makan peserta dapat memperbaikinya dengan mengikuti ujain kedua kalinya,” jelas Prof. Mahludin

Proses ujian pada SBMPTN 2019 kata Prof. Mahludin selurunya dilaksanakan berbasis online melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dengan materi ujian meliputi Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik. “Ujian berbasis online tersebut akan dilaksanakan pada Pusat UTBK PTN yang dipilih oleh peserta berdasarkan daerah yang diinginkan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Prof. Mahludin, dalam pendaftaran SMPTN baik itu jalur SNMPTN dan SBMPTN, setiap pendaftar hanya dibolehkan memilih paling banyak dua Program Studi dari satu PTN atau dua PTN. Sedangkan alokasi kuota daya tampung mahasiswa, dimana tahun ini masing-masing Perguruan Tinggi untuk SNMPTN diberi kuota minimum 20 %, SBMPTN diberi kuota minimum 40 %, sedangkan jalur Mandiri maksimum alokasi kuota 30 %, (wahid)

 


 

*untuk informasi lebih lengkap terkait SMPTN 2019, dapat mengunduh materi sosialisasi pada link berikut

 

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0