Surat Keterangan Pendamping Ijazah Bagi Lulusan Mulai Disosialisasikan

Oleh: Abdul Wahid Rauf A.Md. . 18 Juli 2019 . 10:01

 

GORONTALO – Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) untuk lulusan Universitas Negeri Gorontalo mulai gencar disosialisasikan kepada civitas akademika UNG. Upaya tersebut tercermin dalam Sosialisasi Sistem Informasi Kemahasiswaan Terpadu (Simantap) Surat Keteragan Pendamping Ijazah, Rabu (17/7), di TC Damhil UNG.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Zumriyati Mohamad, M.Pd, menjelaskan, layanan terkait SKPI nantinya akan terintegrasi dalam Sistem layanan kepada mahasiswa dalam aplikasi Simantap.

“SKPI merupakan surat keterangan resmi yang dikeluarkan Perguruan Tinggi berisi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan. Perlu diingat, SKPI bukanlah pengganti dari Ijazah dan bukan transkrip akademik,” ungkap Zumriyati.

Penerapan SKPI kata Zumriyati, bertujuan untuk mendorong dan merangsang partisipasi aktif mahasiswa dalam menunjukan kiprahnya, untuk berprastasi bidang akademik dan non akademik. Serta untuk memotivasi pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan kebangsaan, peningkatan penalaran, keprofesian, minat, bakat, social responbility, dan kesadaran beragama.

“Cakupan informasi tambahan tugas akhir, praktek lapangan, sertifikat keahlian, penguasaan bahasa asing, penghargaan atau kejuaraan, pengalaman organisasi, prestasi lainnya,” terangnya

Dijelaskan Zumriyati, SKPI akan menjadi dokumen tambahan yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan dan sikap/moral seorang lulusan yang lebih mudah dimengerti oleh stakeholder di dalam maupun di luar negeri dibandingkan dengan hanya membaca transkrip. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61