Sukseskan Program Kampus Kerakyatan, Faperta Gagas Sekolah Rakyat Petani dan Peternak

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 Januari 2021 . 13:40:49

 

GORONTALO – Perayaan momen Dies Natalis ke-57 Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T, menegaskan arah baru Universitas yang ia pimpin dengan mendeklarasikan Kampus Merah Meron UNG sebagai Kampus Kerakyatan.  Arah baru sebagai Kampus Kerakyatan tersebut mendapat dukungan dari seluruh Fakultas utamanya Fakultas Pertanian.

Komitmen Civitas Akademika Faperta dalam menyukseskan Kampus Kerakyatan diwujudkan melalui tema Rapat Kerja (Raker), yakni penguatan program kerja Fakultas Pertanian berbasis kerakyatan dalam mewujudkan unggul dan berdaya saing.

“Kenapa kerakyatan coba kami angkat? Karena ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan program Universitas sebagai Kampus Kerakyatan,” ungkap Dekan Fakultas Pertanian Dr. Asda Rauf, M.Si,.

Bentuk upaya Faperta dalam menyukseskan Kampus Kerakyatan dilakukan melalui Sekolah Rakyat khusus petani dan peternak baik itu untuk tingkat muda, madya ataupun lanjut tergantung kondisi dan kebutuhan Desa.

“Ini disesuaikan dengan kebutuhan Desa apakah dalam hal budidaya, proses hasil serta pemasaran atau justru kelembagaan dari petani dan peternak itu sendiri.” ujarnya.

Asda menjelaskan pelaksanaan Sekolah Rakyat khusus petani dan peternak dalam bentuk Sekolah non formal yang akan melibatkan 4 unsur yakni, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Swasta serta Masyarakat. Untuk peserta didiknya yakni Petani dan Peternak atau Masyarakat yang ingin menggeluti kedua bidang itu.

“Langkah awal program ini akan kami implementasikan dalam pengembangan wilayah di teluk Tomini serta program kerjasama utara-utara. Tahun ini sudah ada 3 Desa yang sudah siap berkolaborasi dengan Faperta terkait pelaksanaan Sekolah Rakyat khusus Petani dan Peternak,” jelasnya.

Lebih lanjut menurut Asda program Sekolah semacam ini sebelumnya sudah ada, akan tetapi pelaksanaannya hanya sebatas memberi pelatihan saja. Sedangkan Sekolah Rakyat yang digagas Faperta mencakup lebih luas lagi baik itu memberikan pelatihan, kemudian tahap implementasi kemudian pelaksanaan evaluasi. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61