Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru PTN tahun 2020 Resmi Diluncurkan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 November 2019 . 10:07:00

 

GORONTALO – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan secara resmi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru PTN tahun 2020, Jumat (15/11), bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung D Kemndikbud. Peluncuran dilakukan oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Prof. Dr. Ismunandar yang mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam tahapan peluncuran Dirjen Belmawa mengatakan penerimaan sistem mahasiswa baru PTN tahun 2020, masih sama seperti tahun lalu dengan terdiri dari 3 jalur penerimaan. Yakni (1) Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota minimum 20 persen dari daya tampung PTN, (2) Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota minimum 40 persen dan (3) Seleksi Mandiri maksimum 30 persen.

Lebih lanjut dijelaskan Dirjen Belmawa, dalam penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2020 terdapat beberapa hal baru. Diantaranya tentang pemeringkatan siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan oleh Sekolah. Kemudian jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi Sekolah yaitu, Sekolat terakreditasi A sebanyak 40 persen, akreditasi B 25 persen, dan Sekolah dengan akreditasi C serta lainnya adalah 5 persen yang merupakan siswa terbaik di Sekolahnya.

Sementara untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 waktu pelaksanaannya berlangsung selama satu minggu dengan 14 sesi (dua sesi setiap hari) dan dilaksanakan di 74 Pusat UTBK PTN. Peserta UTBK hanya diperbolehkan mengikuti satu kali tes sesuai dengan kelompok tes yang diikutinya (Saintek, Soshum dan Campuran). Hasil UTBK 2020 hanya berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 dan hasilnya akan diberikan pada peserta secara individu. Hasil UTBK 2020 ini juga dapat digunakanm PTN dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi Mandiri 2020. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61