Sistem Baru Seleksi Mahasiswa Disosialiasi Jajaran Kepala Sekolah

Oleh: Abdul Wahid Rauf A.Md. . 1 Desember 2018 . 08:27

 

GORONTALO – Penerapan sistem terbaru dalam seleksi mahasiswa baru untuk tahun 2019 mendorong Universitas Negeri Gorontalo, untuk intens melakukan sosialisasi diberbagai pihak. Kali ini pihak yang menjadi sasaran target sosialisasi UNG adalah Kepala Sekolah SMA/SMK se Prov. Gorontalo, dengan melakukan sosialisasi disela-sela kegiatan koordinasi pengembangan dan peningkatan mutu SMA.

Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo, tim UNG yang dipimpin Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, diberikan kesempatan untuk menjelaskan secara langsung sistem pendaftaran mahasiswa baru 2019 yang beberapa waktu lalu diperkenalkan oleh Kementerian Ristekdikti.

Menurut Prof. Mahludin geliat sosialisasi yang dilakukan UNG merupakan komitmen dan upaya UNG untuk mensosialisasikan sistem pendaftaran mahasiswa baru 2019 secara langsung kepada pihak Sekolah. Terlebih dengan beberapa perubahan proses pendaftaran maupun sistem ujian seleksi serta perubahan syarat lain, harus bisa diketahui oleh pihak sekolah khususnya siswa calon pendaftar.

“Kebijakan ini sangatlah baru, sehingga perlu dilakukan sosialisasi secara massif ke seluruh lapisan masyarakat khususnya siswa sekolah. Sehingga nantinya mereka akan paham dan tidak bingung lagi dengan sistem yang baru ini,” ungkap Prof. Mahludin.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Mahludin menjelaskan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2019 diselenggarakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan sistem pelaksanaan yang berbeda. Dimana pendaftar diharuskan mengikuti tes dahulu kemudian mendapatkan nilai, dan nilai hasil dari tes dapat digunakan untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri.

“Hanya ada satu metode tes pada pelaksanaan yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan dua materi tes, yakni Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik, sedangkan metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan mulai tahun mendatang,” jelasnya. (wahid)