Seribu Lilin Warnai Peringatan Sumpah Pemuda

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 29 Oktober 2015 . 14:33:00

GORONTALO – Malam "seribu lilin" mewarnai peringatan hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10). Aksi yang diprakarsai oleh gabungan Mahasiswa Fakultas ilmu Pendidikan ini dilaksanakan dari Gerbang Kampus Universitas Negeri Gorontalo, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan long march dengan mengitari ruas jalan di Kota Gorontalo.

Penanggung jawab kegiatan Safrin Saiful Luawo mengatakan, kegiatan malam seribu lilin sengaja digelar untuk merefleksikan peran kaum muda dan mahasiswa dalam perjalanan sejarah bangsa ini.Menurutnya, Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober 1928 lalu, telah memberikan arti penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami ingin memperingati dari sumpah pemuda ini dengan agenda positif, agar masyarakat khususnya para pemuda dapat lebih merenungi dan memaknai arti sumpah pemuda yang sesunggunya tanpa harus berorasi ditengah jalan yang menggangu ketertiban masyarakat,” ungkap Safrin.

Seribu lilin yang dinyalakan ini kata Safrin merupakan simbol bahwa para pemuda Indonesia sejatinya, merupakan penerang kehidupan berbangsa dan bernegara jika kalangan pemuda itu bergerak dalam garis perjuangan yang benar.

Melalui refleksi malam seribu lilin tersebut, pihaknya mengajak kepada semua kalangan pemuda agar senantiasa terus meningkatkan komitmen untuk terus membangun bangsa ini ke arah yang lebih melalui gerakan-gerakan para pemuda yang positif.

"Renungan ini diharapkan dapat membentuk komitmen bersama hingga pada akhirnya kita memiliki kesadaran bersama bagaimana pemuda menjadi ujung tombak perjuangan perbaikan bangsa," ujarnya.

Aksi seribu Lilin kali ini diikuti oleh beberapa Jurusan yakni Jurusan Pendidikan Guru pendidikan Anak usia Dini (PG-Paud),Bimbingan Konsling(BK), Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Manajemen Pendidikan (MP). (safrin/wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0