Seribu Lilin Warnai Peringatan Sumpah Pemuda

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 29 Oktober 2015 . 14:33:00

GORONTALO – Malam "seribu lilin" mewarnai peringatan hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10). Aksi yang diprakarsai oleh gabungan Mahasiswa Fakultas ilmu Pendidikan ini dilaksanakan dari Gerbang Kampus Universitas Negeri Gorontalo, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan long march dengan mengitari ruas jalan di Kota Gorontalo.

Penanggung jawab kegiatan Safrin Saiful Luawo mengatakan, kegiatan malam seribu lilin sengaja digelar untuk merefleksikan peran kaum muda dan mahasiswa dalam perjalanan sejarah bangsa ini.Menurutnya, Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober 1928 lalu, telah memberikan arti penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami ingin memperingati dari sumpah pemuda ini dengan agenda positif, agar masyarakat khususnya para pemuda dapat lebih merenungi dan memaknai arti sumpah pemuda yang sesunggunya tanpa harus berorasi ditengah jalan yang menggangu ketertiban masyarakat,” ungkap Safrin.

Seribu lilin yang dinyalakan ini kata Safrin merupakan simbol bahwa para pemuda Indonesia sejatinya, merupakan penerang kehidupan berbangsa dan bernegara jika kalangan pemuda itu bergerak dalam garis perjuangan yang benar.

Melalui refleksi malam seribu lilin tersebut, pihaknya mengajak kepada semua kalangan pemuda agar senantiasa terus meningkatkan komitmen untuk terus membangun bangsa ini ke arah yang lebih melalui gerakan-gerakan para pemuda yang positif.

"Renungan ini diharapkan dapat membentuk komitmen bersama hingga pada akhirnya kita memiliki kesadaran bersama bagaimana pemuda menjadi ujung tombak perjuangan perbaikan bangsa," ujarnya.

Aksi seribu Lilin kali ini diikuti oleh beberapa Jurusan yakni Jurusan Pendidikan Guru pendidikan Anak usia Dini (PG-Paud),Bimbingan Konsling(BK), Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Manajemen Pendidikan (MP). (safrin/wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61