Seminar Nasional Teknik Sipil UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 23 November 2016 . 09:15:00

Berupaya Wujudkan Pembangunan Infrastruktur Indonesia yang Mandiri 

 

GORONTALO - Sebagai upaya dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur di Indonesia yang mandiri. Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, menginisiasi Seminar Nasional dengan tema menghilangkan arogansi asing terhadap pembangunan infrastruktur demi terwujudnya Indonesia yang mandiri, Selasa (22/11), di Gedung Auditorium UNG.

Tema yang diusung pada seminar menurut Dekan Fakultas Teknik Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, merupakan bentuk kesiapan dari para mahasiswa, dalam menghadapi persaingan diera globalisasi khususnya Masyarakat Ekonomi Asean, dalam bidang pengembangan Infrastruktur di kawasan Indonesia.

"Inisiasi seminar dengan tema yang diusung oleh mahasiswa sangat saya apresiasi, dan berharap apa yang menjadi output melalui seminar ini dapat terwujud," ungkap Hidayat.

Senada dengan Hidayat, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, mengharapkan lulusan teknik sipil dapat mengambil peran penting dalam pembangunan di Indonesia khususnya dibidang Infrastruktur. Baik itu dalam hal perencanaan hingga proses konstruksi infrastruktur diseluruh daerah Indonesia.

"Salah satu masalah klasik kita adalah dalam pembangunan konstruksi kerap kali melibatkan orang asing. Padahal jika dilihat dari kualitasnya, SDM Indonesia dibidang Teknik Sipil cukup mempuni. Bahkan lulusan yang dihasilkan Perguruan Tinggi dibidang tersebut, tidak kalah kualitasnya," jelas Prof. Mahludin.

 

 

Sementara itu, PLT Gubernur Gorontalo melalui Asisten 2 Prov. Gorontalo Dr. Ir. Nurdin Mokoginta, MM, dalam sambutannya menuturkan, mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pembangunan infrastruktur sudah seharusnya dapat dilakukan, tanpa ada lagi campur tangan asing didalamnya. Salah satu cara yang harus dilakukan dengan terus memperkuat kualitas kemampuan dan intelektual masyarakat lokal, melalui pendidikan yang berkualitas di bangku perguruan tinggi.

"Seminar ini tentunya menjadi peluang bagi masyarakat untuk belajar dalam mengembangkan diri, serta mengasah kemampuannya agar lebih profesional," tuturnya.

Sebelumnya Ketua Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Abdul Kadir Djou mengatakan, Seminar Nasional merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian event Persembahan Anak Sipil (Pensil) tahun 2016. Dimana selain kegiatan seminar, Pensil 2016 juga melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat, serta perayaan Dies Natalis Jurusan Teknik Sipil UNG. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0