Seminar Nasional Perikanan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 9 Oktober 2017 . 08:37:00

Perkuat Peran FPIK Dalam Percepatan dan Penguatan Potensi Perikanan 

 

 

GORONTALO - Dalam memperingati Dies Natalis Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang ke 3, salah satu Fakultas terbungsu di UNG tersebut merayakannya dengan menggelar kegiatan Seminar Nasional, Jumat (6/10).

Kegiatan yang mengusung tema peran serta FPIK dalam percepatan dan penguatan potensi lokal sektor perikanan dan kelautan di Prov. Gorontalo menghadirkan pembicara Nasional yakni, Prof. Dr. Siegfried Berhimpon, MS, Mappse, dan Prof. Dr. Rizal Max Rompas, M.Agr,.

Dekan FPIK Dr. Abdul Hafidz Olii, M.Si, mengungkapkan, tema seminar dilatarbelakangi oleh keinginan FPIK sebagai bagian dari akademisi, dalam penguatan perannya mendukung potensi sektor perikanan. Terlebih beberapa daerah di Indonesia khususnya Prov. Gorontalo, memiliki potensi besar bidang perikanan dan kelautan untuk dikembangkan dalam mendukung kemajuan daerah.

"Pengembangan potensi perikanan dan kelautan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak khususnya kalangan akademisi. Dan melalui seminar ini, kita perlu melakukan penguatan peran FPIK untuk turut membangun potensi kelautan di Daerah," ungkap Dr. Hafidz.

Diusianya yang terbilang cukup muda kata Dr. Hafidz, FPIK tentunya memiliki cita-cita besar untuk bisa berkontribusi lebih, dan mewarnai dalam mendukung perkembangan sektor perikanan melalui inovasi dibidang akademik.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, menuturkan, sudah seharusnya FPIK dapat menjadi garda terdepan untuk penguatan potensi kemaritiman diwilayah Indonesia.

 

"Tanggung jawab sektor ini salah satunya ada ditangan FPIK. Sehingga melalui seminar ini, diharapakan dapat semakin memperkuat peran FPIK untuk ikut mendukung pengembangan sektor perikanan," terangnya.

Menurut Prof. Mahludin, dalam beberapa tahun kedepan FPIK akan mengambil peran penting dalam kemajuan daerah dan bangsa. Karena bidang perikanan sangatlah potensial untuk dikelolah oleh pakar dibidang perikanan. "Ini sejalan dengan nawacita pembangunan Indonesia yang salah satunya fokus utama sektor kemaritiman bidang perikanan," jelasnya.

Sebelumnya dalam rangkaian Dies Natalis ke - 3, FPIK juga melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan coastal camp di Desa Luwoo Kec. Posigadan Kab. Bolaang Mongondow Selatan pada 22 September kemarin. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0