Seminar Nasional Pemilu 2019 Wujudkan Demokrasi yang Berkualitas

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Maret 2019 . 16:58:00

 

GORONTALO – Tahapan pesta demokrasi di Indonesia akan dilaksanakan pada bulan April mendatang, dimana dalam pelaksanaannya tahapan pemilu akan memilih anggota legislatif ditingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Pusat, serta Pemilihan Presiden.

Berkaitan dengan hal itu mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum UNG berinisitaif melaksanakan Seminar Nasional Pemilu 2019, sebagai upaya mewujudkan tahapan pemilu yang berkualitas, Selasa (19/3), di Auditorium UNG.

La Aba selaku Ketua Panitia pelaksana menuturkan,Seminar dilakukan untuk menakar kebijakan penyelenggaraan pemilu 2019. Dimana melalui forum ilmiah Seminar Nasional diharapkan akan ada gagasan-gagasan besar dari kalangan akademisi dan masyarakat, sebagai rekomendasi bagi penyelenggara pemilu.

“Mewujudkan pemilu yang baik dan berkualitas merupakan salah satu tujuan dari Seminar, karena UNG khususnya mahasiswa berkomitmen besar dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu di Indonesia,” ujarnya.

Wakil Direktur I Pascasarjana Prof. Dr. Hariadi Said, MS, saat membuka seminar mengatakan pemilu menjadi topik yang sangat penting untuk dibahas. Hal ini karena Pemilu merupakan perhelatan yang kerap menguras perhatian dan emosi, bahkan kerap menimbulkan perselisihan pada saat berlangsungnya tahapan maupun pasca perhelatan.

“Sebagai Negara demokrasi, pelaksanaan pemilihan umum harus terus diperbaiki kualitasnya baik itu dari prosedur maupun aturan dan payung hukumnya. Sehingga Pemilu akan menghasilkan output yang berkualitas dan jauh dari unsur kecurangan,” ungkapnya.

Menurutnya keberhasilan penyelenggaraan pemilu merupakan tanggung jawab bersama, baik penyelenggara, masyarakat, pers, maupun pihak lain. Untuk kalangan akademisi khususnya mahasiswa kata Prof Hariadi, harus menguatkan perannya sebagai ujung tombak keilmuan dan sumber daya manusia, dalam memberikan masukan kepada KPU untuk dapat menjalankan tugasnya sebagaimana yang seharusnya.

“Mengelola Pemilu harus didukung kompetensi keilmuan, dan disinilah peran yang harus dimasuki oleh kalangan akademisi melalui sumbangsih ide serta gagasan yang berkualitas,” tandasnya.

Seminar Nasional Pemilu 2019 turut menghadirkan pemateri Nasional yakni pakar hukum pidana Universitas Indonesia Prof. Dr. Topo Santoso, SH, MH,. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61