Seminar Nasional Matematika dan Sains

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 8 Desember 2016 . 09:05:00

Jadi Wadah Ubah Paradigma Masyarakat Tenang Matematika

 

 

GORONTALO - Dikalangan masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa, mata pelajaran matematika dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sangat sulit. Ini karena mata pelajaran tersebut banyak berkutat dengan angka dan rumus yang dianggap sulit.

Untuk merubah anggapan masyarakat tersebut, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggagas seminar Nasional matematika dan sains, dengan topik Pengembangan Matematika dan Sains berbasis riset, Rabu (7/12), di Aula Rektorat UNG.

"Ini juga merupakan upaya untuk menjawab tantangan tentang matematika dan sains, yang selama ini dianggap sebagai mata pelajaran sulit, membosankan dan pengajarnya dianggap sebagai guru killer," ungkap Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd,.

Dijelaskan Prof. Evi, melalui momen seminar Ia memiliki keinginan untuk mengubah paradigma berpikir masyarakat khususnya pelaku matematika dan sains. Bahwa ternyata dengan belajar matematika dan sains dapat merubah pola pikir dan logika, serta terbangunnya karakter dan perilaku setiap individu.

 

 

Senada dengan Prof. Evi, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengharapkan seminar ini dapat dimanfaatkan untuk merubah paradigma masyarakat terkait matematika dan sains. Rektor bahkan mengakui dikalangan siswa sekolah, matematika merupakan mata pejaran yang kurang populer karena tingkat kesulitan yang dimiliki, banyak berkecimpung dengan angka dan rumus yang memusingkan.

"Salah satu tugas kita saat ini adalah bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa matematika dan sains sebagai pelajaran yang menyenangkan," tandas Pria yang juga berstatus sebagai Dosen Matematika di UNG.

Sementara itu Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro, M.Sc, Ph.D, dalam pemaparannya menuturkan, dalam pengembangan sains memiliki peranan penting dalam setiap individu. Dimana dapat memacu pembentukan kemampuan berpikir secara logis serta pola pikir ilmiah. Kemudian menumbuhkan rasa ingin tahu dan terus berupaya mencari jawaban dari sebuah fenomena dengan kemampuan berpikir kritis. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61