Seminar Nasional Keperawatan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Desember 2016 . 12:00:16

Beri Pemahaman Penanganan Psikologis Akibat Bencana

 

 

GORONTALO - Tingginya fenomena bencana alam yang melanda masyarakat, menimbulkan kerugian yang sangat besar. Tidak hanya membuat kerugian fisik akibat dampak bencana, namun juga kerap membuat trauma psikologis.

Sadar akan pentingnya penanganan psikologis pasca bencana, Jurusan Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo membekali mahasiswa dilingkungannya, melalui kegiatan Seminar Nasional Keperawatan dengan topik penanganan psikologis masyarakat pasca bencana, Sabtu (10/12), di Grand Palace Gorontalo.

Ketua Panitia Seminar Zulkifli B. Pomalango, S.Kep Ns, menjelaskan, topik yang diusung kali ini mengacu pada pentingnya keperawatan jiwa pada penanganan psikologis masyarakat pasca bencana. Apalagi saat ini, fenomena bencana alam banyak terjadi di sekitar masyarakat yang kerap kali menimbulkan tekanan psikologis berkepanjangan.

Dekan Fakultas Olahraga dan Kesehatan melalui Wakil Dekan Bidang Akademik Risna Podungge, S.Pd, M.Pd, sebagai seorang perawat tidak hanya dituntut melakukan pelayanan kesehatan fisik semata ketika bencana, namun juga mampu menangani permasalahan psikologis yang timbul akibat bencana. Sehingganya menurut Risna, perawat harus mengetahui resiko serta pengetahuan terkait penanganan tepat dalam memberi perawatan psikologis.

"Melalui Seminar diharapkan mampu meningkatkan eksistensi pelayanan perawat, baik itu dalam menangani dampak luka fisik maupun psikologi yang ditimbulkan akibat bencana," ujarnya.

Dalam pelaksanaan Seminar kali ini, Jurusan Keperawatan turut bekerjasama dengan sejumlah pihak diantaranya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Prov. Gorontalo, Penerbit Erlangga serta Ikatan Perawat Mata Indonesia. Dengan menghadirkan pemateri Guru Besar Fakulktas Keperawatan Universitas Indonesia Prof. Achir Yani S. Hamid, MN, DN, Sc serta Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp, M.Kes. dari Fakultas Ilmu Keperawatan UNHAS. (Wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61