Seminar dan Talkshow Nasional Fokus Bahas Isu-Isu Pendidikan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 8 Mei 2018 . 19:07:01

 

GORONTALO – Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial berinsiatif menggelar Seminar yang dirangkaian dengan Talkshow membahas isu-isu yang berkembang di dunia pendidikan Indonesia, Senin (7/5),.

Seminar dan Talkshow Nasional yang membahas topik pendidikan transformative dalam menjawab tantangan masa depan Indonesia, menghadirkan pemateri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Udin Winataputra serta Guru Besar Fakultas Ilmu pendidikan UNG Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc,.

Menurut Ketua Panitia Seminar Rian Lalu, Seminar dan Talkshow digagas berangkat dari berbagai isu-isu nasional terkait masalah pendidikan yang berkembang di lingkungan masyarakat. “Untuk memberikan penjelasan terkait isu tersebut, maka kami melibatkan pemateri dari Kemendikbud serta kalangan akademisi UNG dalam memberikan penjelasan terkait keresahan akan isu pendidikan tersebut,” ungkapnya.

Wakil Rektor UNG Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, dalam sambutannya menilai tema yang diusung mahasiswa FIS sangatlah menarik, terlebih saat ini masyarakat menghadapi tantangan yang sangat besar didalam dunia pendidikan. Menurut Prof. Mahludin pendidikan jaman dahulu diibaratkan seperti hubungan antara guru dan murid seperti kertas kosong yang harus diisi, namun pada perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sangat pesat, perlu adanya perubahan paradigma dan cara pembelajaran yang lebih sesuai kebutuhan.

Lebih lanjut dikatakan Prof. Mahludin pada perkembangan teknologi saat ini terjadi perubahan trend dan mindset pendidikan, bahwa saat ini majunya teknologi melalui era industry 4.0 dimana menuntut seluruh elemen bersinergi dengan kemajuan IT baik itu dalam pengembangan dunia pendidikan.

“Untuk itu apaya yang didiskusikan melalui forum ini perlu adanya diseminasi dari rekomendasi yang dihasilkan pada forum ini. Ini bertujuan sebagai bahan kajian pihak terkait dalam melakukan pernaikan pendidikan kedepan agar lebih baik,” harapnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0