Semangat Jiwa Pahlawan Pemacu Wujudkan Pendidikan Berkualitas

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 November 2016 . 14:21:40

 

GORONTALO - Sebagai bangsa yang peduli dengan perjuangan para pahlawan kemerdekaan, masyarakat harus meneruskan upaya para pahlawan dengan turut serta berkontribusi dalam kemajuan bangsa. Bagi Perguruan Tinggi sebagai institusi pendidikan, cara untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan yakni dengan mewujudkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

"Kita di Perguruan Tinggi harus selalu memperjuangkan kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Dengan semangat jiwa kepahlawanan, kita bangun kualitas pendidikan perguruan tinggi yang lebih baik lagi," ungkap Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak, saat memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11), di halaman Rektorat Universitas Negeri Gorontalo.

Mewujudkan Perguruan Tinggi berkualitas yang dimaksud Menristekdikti yakni, dengan memberikan Penjaminan mutu berupa pencapaian akreditasi terbaik bagi Institusi dan Program Studi (Prodi).

"Karena tanpa ada mutu yang baik, kita akan sangat sulit bersaing pada era globalisasi. Terlebih saat ini kita harus berjuang lebih keras lagi, Karena kualitas Pendidikan Tinggi kita masih tertinggal dari negara lain," kata Prof. Nasir.

Menurut Prof. Nasir, mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan juga harus memiliki jiwa kepahlawanan. Diantaranya dengan senantiasa belajar dengan baik dan rajin dalam setiap aktifitas perkuliahan, sehingga dapat mewujudkan individu yang berkualitas.

Menurut Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dalam mewujudkan kualitas pendidikan melalui akreditasi, UNG telah menetapkan program akselarasi diberbagai bidang khususnya dalam mewujudkan akreditasi Institusi dan Prodi. Bahkan untuk lebih mendorong pencapaian akreditasi, UNG menargetkan seluruh Prodi mampu meraih akreditasi terbaik tanpa ada lagi akreditasi C.

"UNG juga sengaja membentuk Badan khusus yang menangani akreditasi. Ini dilakukan karena akreditasi merupakan bentuk komitmen UNG dalam mewujudkan kualitas pendidikan tinggi yang lebih baik," jelas Prof. Syamsu. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0