Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2020 Mulai Disosialisasikan ke Sekolah

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Desember 2019 . 14:43:34

 

GORONTALO – Tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri untuk tahun 2020 telah dilaksanakan. Untuk memberikan pemahaman terkait tatacara serta prosedur pendaftaran penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2020, Universitas Negeri Gorontalo melakukan Sosialisasi dan Promosi ke pihak Sekolah.

Geliat sosialisasi dan promosi dilakukan dengan mengundang seluruh Kepala Sekolah dan Operator baik itu Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) yang ada di Provinsi Gorontalo.

Menurut Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan UNG Zumriyati Mohamad, M.Pd, sosialisasi kepada pihak Sekolah merupakan agenda wajib yang harus dilakukan diawal tahap seleksi penerimaan mahasiswa baru. Adapun sosialisasi penerimaan mahasiswa baru mencakup tahap Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK).

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pihak Sekolah tentang bagaimana mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri. Sehingga kesalahan-kesalahan akibat ketidaktahuan prosedur pendaftaran dapat diminimalisir,” terangnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNG, Dr. Harto Malik, M.Hum, menilai kehadiran pihak Sekolah akan sangat penting dalam membatu calon mahasiswa, untuk ikut berpartisipasi dalam penerimaan mahasiswa baru PTN. Terlebih peran pihak Sekolah khususnya operator sangat penting dalam menetukan keikutsertaan siswa khususnya dalam SNMPTN.

“Dalam SNMPTN Sekolah diharuskan menginput PDSS dan melakukan proses pemeringkatan siswa, dan jika dalam tahap tersebut terjadi kekeliruan maka akan menggugurkan kesempatan siswa masuk PTN jalur PTN. Olehnya dibutuhkan ketelitian dan peran aktif Sekolah untuk membantu kelancaran siswa ikut SNMPTN,” harapnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0