Sekolah Harus Teliti Dalam Menginput Data Siswa Peserta SNMPTN

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 27 Januari 2017 . 11:16:00

 

GORONTALO - Untuk pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017, pihak sekolah memiliki peranan penting dalam mendukung upaya kelulusan siswa.

Ini karena untuk jalur SNMPTN, pendaftaran awal dilakukan oleh pihak sekolah dengan menginput data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) serta nilai siswa. Kemudian berdasarkan data tersebut panitia pusat melakukan pemeringkatan siapa saja siswa yang lulus dan bisa melanjutkan proses pendaftaran pada jalur SNMPTN.

"Jika terjadi kekeliruan dalam penginputan data oleh pihak sekolah, akan mengakibatkan siswa tidak masuk dalam pemeringkatan oleh panitia pusat. Dan jika tidak masuk dalam perengkingan, maka tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran pada jalur SNMPTN tahun 2017," ungkap Wakil Rektor I UNG Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, pada Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN tahun 2017, Kamis (27/1).

Begitu pentingnya peran Sekolah dalam SNMPTN tersebut, Prof. Mahludin meminta pihak Sekolah untuk dapat melakukan input data siswa dengan penuh ketelitian. Tidak hanya itu, proses penginputan data juga diharapkan dapat dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum batas waktu yang telah ditentukan oleh panitia pusat SNMPTN.

Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya error pada sistem, akibat menumpuknya input data yang dilakukan pada masa akhir tenggat waktu pemasukan data. "Biasanya operator Sekolah melakukan input data menjelang batas akhir penginputan. Yang ditakutkan pada akhir batas waktu tersebut terjadi permasalahan sistem, yang menghambat proses input oleh operator Sekolah," harapnya.

Seperti diketahui, proses pelaksanaan SNMPTN 2017 diawali dengan pengisian data PDSS dan nilai siswa oleh pihak sekolah. Kemudian data nilai mata pelajaran yang diinput tersebut dilakukan verifikasi langsung oleh siswa, sebelum nantinya dilakukan pemeringkatan jumlah siswa yang diizinkan mendaftar SNMPTN 2017 oleh panitia pusat sesuai Akreditasi Sekolah. Selanjutnya siswa yang masuk memenuhi syarat berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik diizinkan mendaftar SNMPTN 2017. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0