Sekolah Harus Teliti Dalam Menginput Data Siswa Peserta SNMPTN

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 27 Januari 2017 . 11:16:00

 

GORONTALO - Untuk pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017, pihak sekolah memiliki peranan penting dalam mendukung upaya kelulusan siswa.

Ini karena untuk jalur SNMPTN, pendaftaran awal dilakukan oleh pihak sekolah dengan menginput data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) serta nilai siswa. Kemudian berdasarkan data tersebut panitia pusat melakukan pemeringkatan siapa saja siswa yang lulus dan bisa melanjutkan proses pendaftaran pada jalur SNMPTN.

"Jika terjadi kekeliruan dalam penginputan data oleh pihak sekolah, akan mengakibatkan siswa tidak masuk dalam pemeringkatan oleh panitia pusat. Dan jika tidak masuk dalam perengkingan, maka tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran pada jalur SNMPTN tahun 2017," ungkap Wakil Rektor I UNG Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, pada Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN tahun 2017, Kamis (27/1).

Begitu pentingnya peran Sekolah dalam SNMPTN tersebut, Prof. Mahludin meminta pihak Sekolah untuk dapat melakukan input data siswa dengan penuh ketelitian. Tidak hanya itu, proses penginputan data juga diharapkan dapat dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum batas waktu yang telah ditentukan oleh panitia pusat SNMPTN.

Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya error pada sistem, akibat menumpuknya input data yang dilakukan pada masa akhir tenggat waktu pemasukan data. "Biasanya operator Sekolah melakukan input data menjelang batas akhir penginputan. Yang ditakutkan pada akhir batas waktu tersebut terjadi permasalahan sistem, yang menghambat proses input oleh operator Sekolah," harapnya.

Seperti diketahui, proses pelaksanaan SNMPTN 2017 diawali dengan pengisian data PDSS dan nilai siswa oleh pihak sekolah. Kemudian data nilai mata pelajaran yang diinput tersebut dilakukan verifikasi langsung oleh siswa, sebelum nantinya dilakukan pemeringkatan jumlah siswa yang diizinkan mendaftar SNMPTN 2017 oleh panitia pusat sesuai Akreditasi Sekolah. Selanjutnya siswa yang masuk memenuhi syarat berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik diizinkan mendaftar SNMPTN 2017. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61