Sarson: Kemampuan Dosen Inti Keberhasilan Pendidikan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 November 2015 . 13:08:00

GORONTALO – Mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pendidikan di Perguruan Tinggi. Dan salah satu inti keberhasilan pendidikan tersebut tergantung dari kemampuan tenaga pendidik dalam menjalankan kurikulum pendidikan pada masing-masing Jurusan.

“Inti sebenarnya dalam keberhasilan suatu pendidikan bukan terletak pada perubahan kurikulum pendidikan, tapi sangat bergantung pada kemampuan dosen dalam melaksanakan kurikulum tersebut,” ungkap Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran (LP3) Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd, saat memberikan arahan pada Lokakarya Kurikulum Fakultas Hukum UNG, Senin (2/11).

Menurut Sarson, kurikulum sejatinya merupakan desain masa depan seseorang. Sebaik apapun kurikulum yang disusun oleh Fakultas, bukanlah sebuah jaminan untuk dapat mendidik serta menghasilkan mahasiswa berkualitas, jika kurikulum tersebut tidak ditangani oleh dosen yang hebat.

“Sebaliknya, seburuk apapun sebuah kurikulum jika ditangan dosen yang hebat, maka dia bisa meramu dan mendesain masa depan orang. Karena dia paham akan ilmu pengetahuan dan cara mendidik mahasiswa tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Sarson, Dosen memiliki tugas bukan sebagai pengajar, melainkan sebagai seorang pendidik. Menurutnya, mengajar hanya sekedar menjalankan transfer pengetahuan semata. Sedangkan mendidik, berperan untuk mencetak calon sarjana yang berkarakter. Transfer yang dilakukan tidak hanya sebatas pengetahuan saja, namun juga mentrasfer nilai-nilai pendidikan.

“Karakter tersebut tidak perlu diajarkan lagi, melainkan diisi melalui proses pendidikan tersebut. Dengan memaksimalkan pendidikan tersebut tidak hanya menciptakan lulusan yang berkualitas dan berkarakter,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61