Sambut Perkuliahan Semester Ganjil, FIP Lakukan Penyamaan Persepsi Pembelajaran Daring

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 8 September 2020 . 10:25:20

 

GORONTALO – Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 segera dimulai, berbagai langkah persiapan pelaksanaan perkuliahan secara Daring khususnya di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pandemi C-19.

Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran secara Daring diperlukan upaya penyegaran dan persamaan persepsi dalam melakukan pembelajaran Daring tersebut. Menjawab hal tersebut FIP UNG mengadakan kegiatan Workshop Penyegaran dan Persamaan Persepsi Pembelajaran Daring, yang dirangkaikan dengan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Permata Sakti, serta Pertukaran Mahasiswa FIP UNG dengan Perguruan Tinggi lain, Senin (7/9), di Aula Rektorat UNG.

Dekan FIP UNG, Dr. Arwildayanto, M.Pd mengatakan Masih menurut Dekan FIP, pembelajaran akan dilakukan dengan memanfaatkan Daring untuk 6 bulan ke depan (semester ganjil), sehingga perlu dilakukan penyegaran dan persamaan persepsi dengan memberikan pilihan-pilihan dalam menggunakan perangkat pembelajaran, media pembelajaran serta strategi pembelajaran.

“Semua hal yang akan dibahas dalam Workshop ini sudah disiapkan dalam E-Learning pada SIAT UNG yang nantinya dapat dipilih oleh Dosen untuk melakukan pembelajaran Daring, termasuk di dalamnya ada berbagai platform berbayar yang sudah disiapkan,” kata Dr. Arwildayanto. 

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik UNG, Dr. Harto Malik, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, dalam melaksanakan pembelajaran Daring diperlukan berbagai sarana dan kesiapan dosen serta mahasiswa, dalam hal ini terkait pula dengan penguasaan perangkat Teknologi dan Informasi (IT), keaktifan mahasiswa serta ketersediaan jaringan internet.

“Perangkat pembelajaran harus dikemas dengan baik dan terencana, dari saat awal pembelajaran sampai akhir penilaian harus menggunakan Daring, hal ini pun sudah difasilitasi dalam Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) UNG dengan menyiapkan platform E-Learning atau pembelajaran daring melalui aplikasi Classroom, Zoom, atau Meeting,” jelas Dr. Harto Malik. (Humas FIP)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61