Ribuan Masyarakat Nonton Bareng Film G30S/PKI di UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Oktober 2017 . 10:56:07

 

 

GORONTALO - Ribuan masyarakat berbondong-bondong memadati halaman Rektorat Universitas Negeri Gorontalo. Kedatangan masyarakat yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari civitas akademika UNG yakni dosen, mahasiswa serta masyarakat umum, untuk menyaksikan pemutaran film G30S/PKI, yang diselenggarakan Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Sabtu (30/9).

Nonton bareng yang dimulai sejak pukul 20.00 WITA tersebut, juga dihadiri sejumlah unsur pimpinan ditingkat Universitas, maupun pimpinan ditingkat Fakultas di lingkungan UNG. Kegiatan pemutaran film G30S/PKI merupakan kerjasama antara FMIPA dengan Kodim 1304 Gorontalo.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, mengungkapkan, inisiatif dalam menggelar nonton bareng G30S/PKI menjadi momen mengenang perjuangan para pahlawan Indonesia. Sekaligus mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya generasi muda, akan peristiwa penumpasan gerakan pengkhianatan dimasa lalu dalam gerakan G30S PKI.

"Kita ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam melihat sejarah melalui pemutaran film G30S/PKI. Kami yakin tontonan ini dapat memberikan tuntunan kepada masyarakat, agar sejarah kelam ini tidak terulang kembali," ungkap Prof. Evi.

Salah satu hal penting yang diharapkan melalui nonton bareng kata Prof. Evi, masyarakat bisa memahami kebiadaban pengkhianatan dari PKI. Sehingga masyarakat bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan Pancasila dan menangkal berkembangnya paham-paham radikal dan ideologi dari PKI di lingkungan masyarakat.

"Peran masyarakat khususnya mahasiswa akan sangat penting dalam menangkan berkembang paham-paham yang mengganggu keutuhan NKRI. Dengan semakin pahamnya mereka akan peristiwa sejarah, diharapkan mereka dapat ikut serta berperan dalam menjaga lingkungan dari pengaruh ideologi komunis," harap Prof. Evi. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61