Ribuan Masyarakat Nonton Bareng Film G30S/PKI di UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Oktober 2017 . 10:56:07

 

 

GORONTALO - Ribuan masyarakat berbondong-bondong memadati halaman Rektorat Universitas Negeri Gorontalo. Kedatangan masyarakat yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari civitas akademika UNG yakni dosen, mahasiswa serta masyarakat umum, untuk menyaksikan pemutaran film G30S/PKI, yang diselenggarakan Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Sabtu (30/9).

Nonton bareng yang dimulai sejak pukul 20.00 WITA tersebut, juga dihadiri sejumlah unsur pimpinan ditingkat Universitas, maupun pimpinan ditingkat Fakultas di lingkungan UNG. Kegiatan pemutaran film G30S/PKI merupakan kerjasama antara FMIPA dengan Kodim 1304 Gorontalo.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, mengungkapkan, inisiatif dalam menggelar nonton bareng G30S/PKI menjadi momen mengenang perjuangan para pahlawan Indonesia. Sekaligus mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya generasi muda, akan peristiwa penumpasan gerakan pengkhianatan dimasa lalu dalam gerakan G30S PKI.

"Kita ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam melihat sejarah melalui pemutaran film G30S/PKI. Kami yakin tontonan ini dapat memberikan tuntunan kepada masyarakat, agar sejarah kelam ini tidak terulang kembali," ungkap Prof. Evi.

Salah satu hal penting yang diharapkan melalui nonton bareng kata Prof. Evi, masyarakat bisa memahami kebiadaban pengkhianatan dari PKI. Sehingga masyarakat bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan Pancasila dan menangkal berkembangnya paham-paham radikal dan ideologi dari PKI di lingkungan masyarakat.

"Peran masyarakat khususnya mahasiswa akan sangat penting dalam menangkan berkembang paham-paham yang mengganggu keutuhan NKRI. Dengan semakin pahamnya mereka akan peristiwa sejarah, diharapkan mereka dapat ikut serta berperan dalam menjaga lingkungan dari pengaruh ideologi komunis," harap Prof. Evi. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0