Rektor Resmikan Pusat Keunggulan dan Penerbitan Pendidikan Dasar

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Mei 2021 . 12:35:14

GORONTALO - Kampus Merah Maron punya tradisi keunggulan yang nyata. Sejarah baru dicatat, ketika Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, S.T.,M.T meresmikan Pusat Keunggulan Pendidikan Dasar (PKPD) dan Pusat Penerbitan Pendidikan (P3D) pada jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan. “Kedua lembaga ini adalah Pusat Keunggulan pertama yang resmi berdiri di UNG. Saya bangga dan selamat bekerja!. Kita akan terus maju,” demikian ucap Rektor ketika meresmikan PKPD dan P3D, Jumat sore, 28 Mei 2021 di Aula PGSD.

Lembaga PKPD dinahkodai oleh Dr. Irvin Novita Arifin sebagai Direktur dan Samsi Pomalingo, M.A sebagai Direktur P3D. Keduanya bersama pengurus inti dikukuhkan oleh Dekan FIP, Dr. Arwildayanto. Acara launching ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, sejumlah media, dosen, mahasiswa dan Alumni. Dalam prosesi pengukuhan, Dekan FIF UNG, Dr. Arwildayanto menegaskan bahwa FIP memiliki beberapa pusat kajian yang semuanya mengokohkan Tridarma dan dikelola secara professional. Fakultas mendukung secara finansial.

Ketua Jurusan PGSD, Dr. Candra Cuga dalam acara ini menegaskan bahwa sejak PGSD beroleh “Akreditasi A” jurusan PGSD sudah  banyak menghasilkan terobosan. “Prestasi mahasiswa PGSD terus meningkat. Sudah 40 lebih prestasi mahasiswa kami (nasional dan regional). Begitu juga dengan karya-karya dosen dan kemitraan dengan beberapa lembaga. Khusus untuk PKPD dan P3D, kami bahkan mempunyai Advisory Board dari empat universitas terpandang di Indonesia. Beliau-beliau adalah Prof. Dr. Suryanti, M.Pd (UNESA), Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.A., M.Pd. (UPI), Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd (UNJ) dan Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd. (UNG),” demikian penjelasan Dr. Candra, Kajur PGSD.

Selama prosesi launching, tampil prestasiwan-prestasiwan mahasiswa dari Papua, juara tari nasional, monolog, temuan multimedia pembelajaran mahasiswa, dst. Ekspose karya dosen juga dihadirkan. Sebagian besar bahkan merupakan karya-karya akademis pioner dalam studi-studi Gorontalo, literasi, biografi, dan kajian ke-PGSD-an yang relevan dengan budaya lokal, gender dan sains pendidikan dasar.***

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0