Rektor: Penerima Bidikmisi Jangan Bersikap “Lebay”

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 November 2019 . 11:52:00

 

GORONTALO – Bidikmisi merupakan beasiswa yang diberikan Pemerintah bagi masyarakat miskin dengan kemampuan akademik yang baik, dan saat ini Bidikmisi merupakan salah satu beasiswa dengan penerima terbanyak di Indonesia.

Sebagai penerima beasiswa yang menikmati berbagai kemudahan dari Pemerintah, Rektor meminta penerima bidikmisi di Universiats Negeri Gorontalo untuk tidak berlebihan dalam menyikapi kendala yang terjadi selama menerima Bidikmisi.

“Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi jangan bersikap “lebay”, terlebih dalam menyikapi beberapa kendala dalam Bidikmisi,” ungkap Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, ST,MT, saat memberikan arahan kepada mahasiswa dan orang tua penerima Bidikmisi.

Sikap lebay mahasiswa tersebut kata Rektor kerap kali terjadi ketika terdapat kendala dalam penyaluran beasiswa Bidikmisi, seperti keterlambatan penyaluran biaya hidup bulanan mahasiswa. Bahkan mahasiswa kerap menuangkan keresahannya tersebut melalui media sosial tanpa mengkonfirmasi penyebabnya kepada pihak kampus.

“Penyaluran beasiswa terlambat beberapa hari saja langsung ribut sana-sini. Dari pada memusingkan pencairan beasiswa sebaiknya mahasiswa tetap fokus pada perkuliahnnya, karena cepat atau lambat dana beasiswa tersebut tetap akan diberikan,” tegas Rektor.

Kendala Bidikmisi berupa keterlambatan penyaluran beasiswa merupakan hal yang biasa terjadi, karena tahap pencairan beasiswa tersebut butuh proses dan cukup memakan waktu. Terlebih ada ratusan ribu penerima beasiswa Bidikmis yang harus diproses oleh Pemerintah melalui Kementerian dan dilakukan oleh SDM yang terbatas.

“Berbagai kendala ini tentunya harus disikapi secara bijak dan dengan penuh rasa syukur,” imbau Rektor.

Dalam kesempatan tersebut Rektor juga menegaskan bahwa, segala proses pengelolaan serta pencairan dan penyaluran dana beasiswa Bidikmisi khususnya biaya hidup bulanan, diproses langsung oleh pemerintah melalui pihak Kementerian ke rekening masing-masing penerima.

“Jadi jangan sampai berpikir kalau terjadi keterlambatan itu disebabkan oleh pihak kampus. Karena penyaluran biaya hidup Bidikmisi diproses Kementerian dan disalurkan langsung ke rekening masing-masing tanpa melalui kampus lagi,” tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61