Rektor Monitoring Perkembangan KKS Mahasiswa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 April 2016 . 13:34:33

 

GORONTALO – Untuk meninjau perkembangan program Kuliah Kerja Sibermas (KKS) Pengabdian periode I Universitas Negeri Gorontalo (UNG) tahun 2016, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke sejumlah Desa lokasi KKS UNG di Kabupaten Boalemo, dengan didampingi sejumlah Dekan Fakultas serta pimpinan lembaga.

Kedatangan tim monitoring UNG di Kab. Boalemo, disambut langsung Wakil Bupati Kab. Boalemo H. Lahmudin Hambali. Bahkan Wabup turut mendampingi tim UNG dalam melakukan monitoring KKS di sejumlah desa di daerah tersebut.

Untuk melihat kontribusi mahasiswa melalui program KKS, Rektor bahkan menyempatkan diri bercengkrama langsung dengan mahasiswa terkait program kerja yang mereka usung, serta turut pula bercengkrama dengan masyarakat terkait kinerja mahasiswa selama KKS disetiap desa.

Keberadaan mahasiswa KKS UNG pada sejumlah desa didaerahnya disambut baik oleh Wabup Kab. Boalemo. Menurutnya, kehadiran mahasiswa banyak memberikan bantuan dalam memakmurkan masyarakat melalui program kerja yang mereka usung, baik itu dibidang pendidikan, kesehatan, maupun dibidang pertanian.

Mahasiswa juga kata Wabup, banyak membantu kinerja aparatur desa, terutama dalam melakukan penyuluhan dibidang pertanian cokelat dan jagung sebagai salah satu komoditi pangan andalan di Boalemo.

"Sebelumnya daerah kami mengalami 2 kali gagal tanam dan panen untuk tanaman cokelat dan jagung. Diharapkan dengan bantuan penyuluhan dari mahasiswa, dapat memberikan pengetahuan lebih kepada para petani dalam mengurangi resiko gagal panen tersebut," terang Wabup.

 

 

Dari hasil monitoring yang dilakukan, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengaku puas dengan kinerja mahasiswa pada KKS tahun ini. Terlebih ketika terjun kemasyarakat, banyak kontribusi positif yang mereka berikan untuk perkembangan masyarakat, dan bahkan kontribusi tersebut turut dirasakan dan diakui langsung oleh masyarakat setempat.

“Saya berterima kasih karena mahasiswa dapat diterima dengan baik keberadaanya, sehingga mereka pun dapat memberikan manfaat kepada masyarakat melalui ilmu pengetahuan yang mereka miliki,” tandasnya.

Dalam Monev KKS Pengabdian Perode I, Rektor bersama rombongan melakukan kunjungan di 3 desa di Kab. Boalemo yakni, Desa Wonggahu, Desa Tabongo dan Desa Ayuhulalo. Serta mengunjungi Desa Bumela di Kab. Gorontalo. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61