Rektor: Komunikasi Menjadi Jembatan Mengedukasi Masyarakat Hadapi Covid-19

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Juli 2020 . 19:29:58

 

GORONTALO - Sebaik apa pun sistem yang dikembangkan dan dijalankan, jika tidak dikomunikasikan secara baik, maka hasilnya tidak akan sesuai espektasi.

Komunikasi, menurut Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, ST., MT, sangat dibutuhkan dalam menekan laju eskalasi penyebaran Covid-19, disamping membutuhkan kajian dari aspek epidemiologi, sosiologi, ekonomi, hukum dan pendekatan pemanfaatan teknologi informasi.

"Yang menjadi kendala selama ini, justru komunikasi. Dan itu diakui pemerintah pusat," ungkap Eduart saat memberi pengantar kata pada kegiatan pemaparan hasil pendampingan pencegahan Covid-19 di kabupaten Pohuwato, Jum'at (17/07/2020).

Pada kegiatan yang dihadiri Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, Wakil Bupati Amin Haras, Kapolres, Dandim dan serta unsur Forkopimda kabupaten Pohuwato ini, Eduart mengungkapkan, komunikasi menjadi 'jembatan' dalam mengedukasi masyarakat bagaimana menghadapi wabah virus Corona dan mencegah penularannya.

"Komunikasi ini, juga menyangkut edukasi. Dan ini bisa kita dilakukan dengan mengubah diksi (pilihan kata) 'new normal' ke diksi 'adaptasi kebiasaan baru' ...,"

"Sebelum diksi 'adaptasi kebiasaan baru' ini dimunculkan, saya dan Bupati sudah mendiskusikan itu. Makanya dalam Perbup (peraturan Bupati) Pohuwato, bunyinya adalah kebiasaan baru. Ini menjadi contoh, bagaimana faktor komunikasi ini jadi penting," jelas Eduart.

Eduart mengatakan, Pohuwato menjadi daerah pertama yang selesai proses dan kajian komprehensifnya tentang upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan UNG Crisis Center Covid-19. 

"Mulai dari aspek ekonomi, epidemiologi, komunikasi, hukum, IT dan sosiologi, akan dipaparkan secara gamblang oleh SDM kita yang memiliki kepakaran di bidang ilmu masing-masing ...,"

"Ada beberapa daerah kabupaten/kota yang meminta kami untuk melakukan pendampingan. Dan kebetulan Pohuwato menjadi yang pertama selesai. Semua ini berkat dukungan dan support Bupati," kata Eduart.###

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0