Rektor: Guru Sukses Adalah Guru Yang Dirindukan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Oktober 2016 . 11:16:10

 

GORONTALO - Kesuksesan seorang guru dalam melaksanakan tugas dan fungsi memberikan memberikan pendidikan, tidak hanya ditentukan oleh banyaknya lulusan yang ia hasilkan. Namun lebih dari itu, seorang guru yang sukses adalah guru yang sangat dirindukan kehadirannya dikelas oleh para siswanya.

"Jika mampu membuat siswa rindu dengan kehadiran kita di ruang kelas, maka guru tersebut termasuk guru yang sukses. Ini karena keberadaannya dikelas memiliki kesan yang positif bagi siswanya," ungkap Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat membuka kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sub rayon 32 UNG, Sabtu (29/10), di Auditorium Fakultas Ekonomi.

Menurut Rektor, sebagai sosok yang dirindukan oleh siswanya, guru harus mampu bersikap Profesional dalam melaksanakan tugasnya dalam mentransfer ilmu pengetahun. Selain itu juga mampu menciptakan kondisi yang nyaman bagi para siswa dalam mengikuti rangkaian proses pendidikan diruang kelas.

Menurut Rektor, Untuk mendukung profesional guru, pemerintah dalam beberapa tahun terakhir memberikan insentif dalam memaksimalkan kinerja guru melalui tunjangan sertifikasi. Namun untuk bisa memperoleh tunjangan tersebut, terdapat beberapa standar kualitas yang harus dipenuhi guru agar dianggap layak sebagai guru profesional yang memperoleh tunjangan sertifikasi.

"Tentunya hanya guru yang memiliki kualitas, dan profesional dalam bekerja yang bisa diberi tunjangan sertifikasi. Sehingga sudah seharusnya para guru yang belum memperoleh sertifikasi, untuk dapat menggenjot kualitas individunya untuk menuju guru yang profesional," tandasnya. (wahid)

 

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0