Rektor: Gelar Guru Profesional Bukan Akhir Dari Proses Belajar

Oleh: Lenny DJ. Muda . 3 Maret 2021 . 10:50:36

 

GORONTALO – Pencapaian seorang Guru dengan meraih gelar Guru Profesional merupakan sebuah pencapaian yang sangat membanggakan sebagai bukti profesionalitas profesi Guru. Akan tetapi pencapaian dengan lulus Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan meraih gelar tersebut, bukanlah akhir dari proses belajar untuk mengembangkan kemampuan.

“Menjadi seorang Guru Profesional bukan berarti harus berhenti untuk belajar, namun justru dituntut untuk semakin belajar banyak mengembangkan kualitas dan kapasitas karena dunia pendidikan terus berkembang,” ungkap Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T, saat melantik 143 lulusan Program PPG UNG, Selasa (2/3),.

Rektor yang juga sebagai Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Prov. Gorontalo menuturkan, Guru harus melihat realitas yang ada mindset pembelajaran hari ini telah mengalami pergeseran.

“Jika dulu fungsi Guru ditekankan sebagai sumber pengetahuan, akan tetapi hari ini ditambahkan satu fungsi lagi yakni sebagai fasilitator dalam memfasilitasi siswa didikannya untuk bisa lebih optimal dalam hal pengembangan potensi diri,” terangnya.

Menurut Rektor, tantangan untuk Guru diera milenial tidak hanya untuk mengajar serta menunjukkan profesionalitas sebagai Guru tetapi, harus adaptif dengan perkembangan jaman khususnya teknologi.

“Guru ketika menjalankan tugasnya harus mampu memberikan solusi bagi jaman ini ditengah model pendidikan yang berbeda. Guru tidak boleh lagi mengajar secara konvensional, tapi harus lebih adaptif dengan perkembangan saat ini yang lebih memanfaatkan teknologi,” pungkas Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61