Rektor: Dosen UNG Harus Memiliki Karakter

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 April 2016 . 16:46:00

 

GORONTALO - Sebagai seorang tenaga pendidik, dosen dituntut untuk memiliki karakter yang baik dan profesional. Karena dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pendidik di lingkungan kampus, mereka juga berperan model, yang dalam artian sebagai teladan bagi peserta didik yang dibimbingnya, baik itu meliputi perkataan, perbuatan maupun tingkah laku.

"Membangun karakter dosen mutlak harus dilakukan. Dengan memiliki karakter yang baik dan profesional, mahasiswa dapat menjadikan dosen sebagai model dan tauladan yang baik untuk diikuti," ungkap Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat memberikan arahan pada kegiatan Pelatihan Character Building dan Pekerti AA yang digagas Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Senin (25/4).

Membangun karakter yang baik dan profesional kata Rektor, juga merupakan langkah pencegahan terhadap kecenderungan sikap pragmatis, hedonis dan matrealistis, ketika berada di lingkungan kampus. Bahkan dikhawatirkan perilaku semacam ini, dapat menjangkiti masyarakat di kampus.

"Sikap semacam ini tentunya sangat tidak bagus dalam perkembangan dunia pendidikan, sehingga perlu diantisipasi dengan membangun kualitas karakter dosen," terangnya.

Salah satu unsur penting dalam membangun karakter menurut Rektor, adalah menumbuhkan rasa cinta kepada kampus. Karena dengan memiliki rasa cinta tersebut dengan kondisi Kampus apa adanya, seluruh civitas akan terus termotivasi dalam melakukan yang terbaik untuk kampus dan mahasiswa.

Sebelumnya, Ketua LP3M Prof. Dr. Abdul Karim Masaong menuturkan, pelatihan Character Building dan Pekerti AA merupakan implementasi dalam program revolusi mental di lingkungan UNG. Hal ini penting kata Prof. kadim, agar para dosen dapat memiliki karakter sebagai contoh yang bisa memberikan penguatan dan motivasi kepada mahasiswa. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61