Rektor Dorong Badan Kerjasama Utara-Utara Bergerak Kembangkan Sektor Industri

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 18 Januari 2021 . 15:02:11

 

 

GORONTALO – Dalam mendukung eksistensi Kerjasama Utara-Utara agar dapat memberikan dampak besar bagi Kemajuan Daerah, Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T, mendorong Daerah yang tergabung dalam Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU) untuk dapat mengembangkan sejumlah sektor yang memiliki potensi. Salah satu Sektor yang dianggap memiliki potensi besar yakni sektor industri.

Menurut Rektor, Industri merupakan sektor yang bisa mempercepat proses tumbuh kembang suatu daerah. Rektor mencontohkan meskipun sektor pertanian saat ini menjadi kontribusi bagi Jawa barat, tetapi hari ini sektor terbesar di daerah tersebut yakni sektor industri.

“Industri tersebut yang menjadikan jarak antara Jawa dan luar Jawa khususnya Sulawesi menjadi jauh lebih besar. Sehingga BKSU yang melibatkan beberapa Daerah harus berani mengembangkan sektor industri,” ujar Rektor.

Rektor menjabarkan sektor Industri yang harus dikembangkan tidak harus mengikuti industri yang ada di Jabodetabek, namun lebih berbicara pada sektor industri yang benar-benar mampu di-support yakni Industri Pariwisata.

“Industri Pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan industri yang mendorong perekonomian tumbuh dengan pesat. Untuk Daerah yang tergabung dalam BKSU khususnya Kab. Gorontalo Utara untuk wisata pantai merupakan salah satu surga di Indonesia, ” jelasnya.

Mengangkat industri pariwisata kata Rektor dibutuhkan kesungguhan dan keseriusan dari pemerintah daerah seperti alokasi APBD untuk pariwsata dan pembangunan infrastruktur pariwisata.

“Berbagai potensi Daerah harus kita perkuat seperti Sektor pertanian yang menjadi unggulan daerah, kemudian kita tingkatkan pengembangan sektor industri yang Insya Allah dapat memberi dampak besar bagi Daerah,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0