Rektor Berbagi Pengetahuan Kepemimpinan Dengan Peserta PPG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 7 Desember 2016 . 09:00:00

 

GORONTALO - Dalam membentuk seorang Guru yang profesional, dibutuhkan beberapa kemampuan dalam mewujudkannya. Salah satu instrumen penting yang harus dimiliki seorang Guru adalah jiwa kepemimpinan, yang akan mendukung tugas dan fungsinya dalam membimbing siswanya pada proses belajar mengajar. Dan Jika berbicara kepemimpinan, harus memiliki sebuah kedisiplinan.

"Salah satu nilai kedisiplinan paling dasar yang harus dipegang oleh seorang pemimpin yakni menghargai waktu," ungkap Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat memberikan arahan pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pasca Program SM-3T Angkatan IV Universitas Negeri Gorontalo.

Lebih lanjut dikatakan Rektor, kepemimpinan harus memiliki sebuah komitmen yang jelas, dan dituntut untuk dapat merealisasikan komitmen yang telah diungkapkannya melalui perbuatannya. Selain itu, salah satu modal utama dalam kepemimpinan keikhlasan. Karena dengan keikhlasan tersebut membuat pemimpin untuk tidak mengkotak-kotakan orang tertentu, serta akan menciptakan rasa nyaman dalam menghadapi siapapun.

 

 

"Salah satu modal lainnya dalam kepemimpinan adalah harus memiliki sebuah obsesi besar yang ingin diwujudkan. Karena dengan memiliki obsesi, kita akan memiliki keinginan kuat dalam menghadapi segala tantangan yang membentuk kedewasaan sebagai seorang pemimpin," jelasnya.

Sebelumnya Direktur PPG UNG Dr. Yusna Ahmad, M.Pd, menuturkan, kegiatan LDK merupakan salah satu instrumen pembekalan diri bagi peserta PPG Pasca Program SM-3T angkatan IV. Selain melalui kegiatan LDK, pembekalan juga terus dilakukan diantaranya melalui kegiatan outbond maupun pada kehidupan selama di Asrama.

"Untuk PPG Pasca Program SM-3T angkatan IV diikuti sebanyak 25 peserta yang seluruhnya berlatar belakang pendidikan Matematika, dan berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Selatan," ujar Dr. Yusna. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61