Click here for English version.
Fachrizal Nursyamsu S.IP 16 Oktober 2013
Rayakan Idul Qurban, FIP Sembelih 5 Ekor Hewan Qurban

UNG – Idul Adha atau hari raya qurban disambut bahagia dan suka cita bagi umat muslim. Tak terkecuali bagi keluarga besar Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) turut melaksanakan Ibadah qurban yang rutin dilaksanakan setiap tahun sekali di bulan Dzulhijah. Pada tahun 1434 H ini melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 5 ekor sapi dan dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Rabu (16/10) pagi, mulai pukul 06.00 Wita kegiatan penyembelihan dimulai dan disaksikan langsung oleh Dekan FIP, Prof. Dr. Hi. Abdul Haris Panai, Pembantu Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Dosen dan Pegawai di lingkungan FIP. Sapi-sapi qurban tersebut disembelih langsung oleh Prof. Dr. Hi. Abdul Kadim Masaong yang juga seorang Dosen di FIP. Usai penyembelihan, dilanjutkan dengan pemotongan daging dan hewan untuk dibagi ke dalam tas plastik untuk distribusi. Sapi-sapi qurban ini berasal dari 35 orang Dosen dan Pegawai yang terbagi dalam 5 Kelompok.Selain di FIP, penyembelihan hewan qurban juga dilaksanakan di tingkat Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dimulai hari Rabu (6/10) hingga Jum’at (18/10) nanti. Beberapa Dosen dan Pegawai di lingkungan FIP selain melaksanakan ibadah qurban di Kampus juga berqurban di lingkungan rumah atau keluarga masing-masing. Hal ini tentunya tidak ada masalah untuk berpartisipasi melaksanakan ibadah qurban lebih dari satu kelompok, tergantung dari kemampuan dan keikhlasan niat masing-masing. Dekan FIP, Prof. Dr. Hi. Abdul Haris Panai mengatakan ibadah qurban yang dilaksanakan rutin setiap tahun di lingkungan FIP bisa menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan. “Dengan adanya momentum hari raya Idul Adha ini bisa meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan melaksanakan qurban yang dagingnya dibagikan, serta menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan bagi keluarga besar FIP,” harap Dekan FIP.Terkait kondisi dalam mencari hewan qurban seperti yang dialami tahun ini dan tahun-tahun yang lalu, Dekan FIP berinisiatif untuk mencari hewan qurban dua atau tiga bulan sebelum Idul Adha. Hal ini disampaikan langsung di sela-sela pembagian daging qurban. Prof. Dr. Hi. Abdul Haris Panai mengatakan selain untuk mengantisipasi sulitnya mencari sapi qurban dan melonjaknya harga sapi menjelang perayaan Idul Adha, pembelian sapi qurban dua atau tiga bulan sebelumnya, juga dapat bermanfaat untuk menambah berat sapi qurban selama proses pemeliharaan dan penggemukan. “Sapi-sapi qurban yang sudah kita pelihara dua atau tiga bulan sebelumnya tentunya akan jauh berbeda dengan sapi yang kita beli mendekati hari Idul Adha. Kita bisa upayakan  berat badan sapi tersebut bisa meningkat dengan diberikan pakan yang baik serta mencegah dari penyakit dengan melakukan perawatan maksimal sehingga pada saat penyembelihan sapi tersebut kita memperoleh daging dan bagian tubuh lain yang maksimal dan tentunya sehat,” tutup Dekan FIP. (Hms FIP)

 

SUASANA QURBAN. Dekan FIP, Prof. Dr. Hi. Abdul Haris Panai memantau langsung Penyembelihan, Pemotongan dan Pembagian Hewan Qurban di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Rabu (16/10) pagi.

Agenda
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
16 - 18 September 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.
05 September - 07 Agustus 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.
Tautan Unit