Pustakawan Diminta Kolaboratif dan Adaptif terhadap Perkembangan Teknologi Informasi

Oleh: Lenny DJ. Muda . 19 Maret 2021 . 13:40:31

Kemendikbud - Pada era digital seperti saat ini, kolaborasi antarpustakawan regional sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, perlu adanya perubahan peran pustakawan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi. Hal tersebut diutarakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam, dalam seminar internasional bertema "Trends and Issues in Southeast Asian Academic Libraries 2021" di Perpustakaan Universitas Indonesia (UI), Rabu (17/3/2021).

Pada era revolusi industri 4.0, lanjut Nizam, informasi bagaikan mata uang baru, sehingga perpustakaan sebagai gudang ilmu pengetahuan dan pustakawan sebagai navigator bagi civitas academica dalam lautan informasi menjadi sangat penting. "Menghadapi era teknologi, tentu pustakawan harus beranjak mengikuti perkembangan zaman," tutur Nizam.Beberapa tahun ke depan Asia akan memimpin banyak perubahan. Perubahan ini membutuhkan peran pustakawan sebagai pusat referensi dan sumber informasi. Oleh karena itu, kolaborasi antarperpustakaan dan institusi di setiap wilayah sangat dibutuhkan.

“Dalam pandemi saat ini, kolaborasi menjadi lebih kuat, beragam inovasi serta penelitian terapan lahir dari kampus, perguruan tinggi menjadi lebih produktif, kreatif, inovatif, serta terakselerasinya transformasi teknologi,” ujar Nizam.

Beragam transformasi yang terjadi saat pandemi ini harus dimanfaatkan dan dikembangkan untuk masa depan, seperti penggunaan teknologi digital dalam proses belajar mengajar, serta beragam kegiatan akademik lintas perguruan tinggi yang lebih efektif dan efisien dengan pemanfaatan teknologi.

Tak lupa, Nizam sampaikan apresiasi pada Perpustakaan UI yang telah menyelenggarakan seminar internasional. Ia berharap seminar daring ini dapat melahirkan ide, inovasi, kolaborasi baru, dan menguatkan kolaborasi yang telah ada. Selain itu, perpustakaan diharapkan dapat menumbuhkan jaringan antarpustakawan regional, jaringan pertukaran informasi, dan yang tidak kalah penting, pertukaran pelajar regional. (kemdikbud)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61