Pusat Pelayanan Konseling dan Psikologi Gencar Berikan Pemahaman LGBT

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 April 2017 . 13:50:02

 

GORONTALO - Fenomena perilaku menyimpang yang terjadi di masyarakat berupa perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT), membuat Jurusan Bimbingan Konseling melalui Pusat Pelayanan Konseling dan Psikologi (PPKP) gencar memberikan pemahaman akan penyimpangan perilaku tersebut.

Salah satu upaya yang kini tengah gencar dilakukan PPKP yakni, dengan memberikan pemahaman secara mendetail tentang apa itu perilaku LGBT. Pemberian pemahaman meliputi dampak buruk yang akan ditimbulkan bagi diri pribadi maupun lingkungan sekitar, serta pola perkembangannya yang terjadi di masyarakat agar dapat dihindari.

"Salah satu langkah sosialisasi dampak buruk LGBT yakni, dengan melakukan terapi writing ke seluruh lapisan civitas akademika UNG khususnya mahasiswa," ungkap Pengelola PPKP Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, M.Psi, yang juga dosen psikologi UNG saat diwawancarai, Senin (20/3),.

Melalui terapi writing kata Dr. Sukma, seluruh informasi menyangkut LGBT disebar ke seluruh lingkungan kampus khususnya disetiap Fakultas, baik itu melalui leaflet, poster informasi serta banner. "Intinya melalui strategi terapi writing, kami ingin memberikan pencerahan kepada mahasiswa tentang apa itu LGBT," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Dr. Sukma, selain gencar memberikan sosialisasi kepada kalangan civitas akademika UNG, PPKP juga siap untuk memfasilitasi penanganan perilaku LGBT. Melalui konsultasi secara pribadi dengan PPKP, serta pemberian terapi serta solusi dalam penanganan LGBT.

"Memang LGBT adalah hak setiap Individu. Namun sebagai lembaga pendidikan, UNG memiliki kewajiban tidak hanya memberikan pendidikan akademik yang baik, tapi juga harus membangun kualitas moral dari mahasiswa," terang Dr. Sukma.

Selain penanganan perilaku LGBT, PPKP kata Dr. Sukma juga terbuka untuk mengkonsultasikan permasalahan apa saja berkaitan psikologis, konsultasi permasalahan menyangkut hal klinis, keluarga serta pendidikan. Dan seluruh pelayanan terbuka untuk umum baik itu mahasiswa dosen pegawai maupun masyarakat luar.

"Kami siap untuk melakukan tes, bimbingan konseling maupun pemeriksaan, deteksi dan terapi untuk berbagai permasalahan psikologis maupun Konseling," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61